Golkar Rajai Wajah Baru di Karang Paci, Gerindra-PDIP Kedua

Golkar Rajai Wajah Baru di Karang Paci, Gerindra-PDIP Kedua

Samarinda, DiswayKaltim.com- Wajah lama kemasan baru. Itulah sebutan yang pantas disematkan bagi anggota DPRD Kaltim periode 2019-2024. Kinerja anggota dewan yang terhormat akan terlihat setelah setahun duduk.

Sindiran itu disampaikan akademisi Fahukum Unmul, Herdiansyah Hamzah. Baginya tidak ada sesuatu yang baru di DPRD Kaltim di periode akan datang setelah dilantik 2 September mendatang.

"Itu sih bukan wajah baru tapi lebih tepat disebut, wajah lama, kemasan baru. Mereka yang dianggap baru di karang paci itu, sebenarnya naik kelas aja dari DPRD kabupaten/kota ke DPRD provinsi," kata Herdi.

Dia menambahkan kinerja anggota DPRD yang baru belum bisa terlihat saat ini. Setelah menjabat hingga dua tahun mendatang baru bisa terlihat.

"Kecuali kita tracking satu persatu, case by case, apa prestasi mereka sebelum terpilih di DPRD provinsi. Setelah bekerja 1-2 tahun baru akan nampak, mereka lebih baik dan lebih produktif dari yang lama atau tidak, atau bisa jadi tak ada bedanya juga," tambah dia.

Meski pun lanjut Herdi ada pula yang benar-benar baru merasakan berkecimpung di dunia politik dan terpilih, itu pun bukan jaminan.

"Iya betul baru, tapi partai lama. Tapi yang benar-benar baru juga mesti dibentengi. Besar kemungkinan akan terpengaruh dengan wajah-wajah lama juga pada akhirnya," singgungnya lagi.

Dia pun memberi masukkan kepada anggota dewan yang akan segera dilantik tersebut.

"Kuncinya satu, harus mampu berjejaring dengan publik terutama gerakan masyarakat sipil, sembari terbuka dengan kritik," tutup Castro, sapaan akrabnya.

Data yang dihimpun Diswaykaltim.com, dari 55 anggota DPRD Kaltim, 20 orang adalah wajah lama, sisanya 35 orang merupakan pendatang baru. Adapun rinciannya, Golkar dihuni 9 orang, PDIP dan Gerindra 6 orang, PAN, PKB dan PPP masing-masing 3 orang, dan PKS serta Demokrat diisi 2 orang baru. Adapun NasDem dan Hanura diisi oleh wajah lama. (hdd/boy)

Daftar perolehan kursi di DPRD Kaltim Golkar : 12 kursi PDIP :11 kursi Gerindra :8 kursi PAN : 5 kursi PKB : 5 kursi PKS : 4 kursi PPP : 4 kursi Demokrat : 3 kursi NasDem : 2 kursi Hanura: 1 kursi

Jumlah wajah lama Karang Paci : 20 orang.

Jumlah wajah baru karang paci :35 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: