Sidak di Beberapa Kecamatan, DPRD Kukar Temukan Banyak Fasilitas yang Kurang Memadai

Sidak di Beberapa Kecamatan, DPRD Kukar  Temukan Banyak Fasilitas yang Kurang Memadai

Kukar, Diswaykaltim.com - Komisi IV DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kecamatan. Seperti Kecamatan Samboja, Marangkayu, Muara Badak, Muara Kaman, Tabang, Kembang Janggut, Muara Muntai, Muara Wis.

Mereka meninjau fasilitas kesehatan, lembaga pendidikan, dan fasilitas umum lainnya.

Anggota Komisi IV DPRD Kukar Saparuddin Pabonglean menyebut, masih banyak ditemukan fasilitas yang belum layak.

“Kami masih menemukan fasilitas sarana prasarana pendidikan, kesehatan, rumah ibadah yang atap dan plafon, dinding yang bocor. Ada juga yang longsor,” ucap Saparuddin pada Disway Kaltim, Sabtu (20/6/2020).

Tenaga pendidik dan pengajar turut menjadi perhatiannya. Ia melihat penyebaran dua aspek penting dalam pendidikan tersebut kurang merata. Terlebih pemenuhannya di daerah yang terpencil dan pinggiran.

Meskipun begitu, ia mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Meski belum menyentuh seluruh wilayah. Lantaran terhambat anggaran yang terbatas.

Ia berharap pemerintah daerah bisa lebih selektif lagi menentukan skala prioritas dalam pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur jalan penghubung di Kukar.

“Terutama jalan penghubung antar kecamatan, desa, dan akses hasil pertanian serta perkebunan,” lanjutnya.

Saparuddin mengharapkan pemerintah memprioritaskan pembangunan jaringan air bersih dan listrik di Kukar. Seperti di Desa Bengkinang dan Batu Dinding yang pernah diprotes warga beberapa waktu lalu.

“Masih banyak yang lain. Semoga segera teratasi,” pungkas Saparuddin. (adv/mrf/qn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: