Beradu Klaim, Berebut Partai

Beradu Klaim, Berebut Partai

Mari tebak-tebakan. Rekomendasi PDIP pada Pilwali Samarinda nanti ke Badar atau Apri-Erwin? Kalangan elit parpol tak perlu ikut. Ini hanya untuk kalangan awam.

Pewarta: Baharunsyah, Arditya Abdul Aziz

Editor : Devi Alamsyah

PETA politik pemilihan wali kota dan wakil wali kota Samarinda masih remang-remang. Klaim kedekatan dan dukungan ditunjukkan sejumlah bakal calon kontestan. Namun, sebagian SK belum diterima. Beberapa partai masih menimbang hasil survei dan tingkat keterpilihan para calon kontestan itu.

Sebagian sudah berani terang-terangan di awal. Yaitu, PAN, PKB dan PKS. Sudah menetapkan pasangan calon. Dibuktikan dengan keberadaan SK dari DPP masing-masing partai itu.

PKB malah curi start di awal. Februari lalu, DPP PKB menerbitkan SK yang isinya merekomendasikan mengusung pasangan Andi Harun (AH) dan Rusmadi Wongso. SK itu bernomor 1534/DPP/01/II/2020.

AH-Rusmadi pun sudah lebih dulu mendeklarasikan diri di GOR Segiri, Samarinda. Sejumlah fungsionaris partai dan tokoh kenamaan ikut hadir. Di antaranya PKB, PPP, Gerindra, Hanura, PKS hingga NasDem. Ketika itu, memang belum ada SK diterbitkan. Baru sebatas dukungan lisan oleh para petinggi-petinggi partai tersebut.

Partai besar seperti Golkar dan PDIP, justru tak memiliki kader yang akan diusung di Kota Tepian. Awal Februari lalu, ramai diberitakan justru malah rebut-ribut PDIP dengan paslon AH-Rusmadi. Ketika itu, Ketua PDIP Samarinda Siswadi menolak jika Rusmadi, calon pendamping AH, sebagai representasi dukungan dari partai berlambang kepala banteng tersebut. Siswadi menyebut Rusmadi bukanlah kader partai. (Disway Kaltim 1 Februari 2020).

Informasi yang dihimpun Disway Kaltim, Ketua DPD PDIP Kaltim Safaruddin, mau bergabung dengan koalisi Andi Harun, tapi tanpa Rusmadi. Safarudin ketika itu punya calon lain untuk mendampingi AH.

Belakangan, diketahui Siswadi juga memiliki kedekatan dengan Barkati, wawali Samarinda. Barkati juga ikut dalam kontestasi Pilwali Ibu Kota Kaltim itu. Maret lalu, pada acara konferensi pers pembatalan resepsi pernikahan putri Barkati, Siswadi lah yang menjadi juru bicara. Barkati pun mengakui itu. Kepada Disway Kaltim, Barkati menyebut sudah lama berteman dengan ketua DPRD Samarinda itu. “Tapi, dalam dunia politik, tetap harus ada hitam di atas putih,” kata Barkati, ketika ngobrol santai dengan Disway Kaltim di kawasan Citra Niaga, Samarinda, pekan lalu.

*****

Maret, kegiatan politik terpaksa redup. COVID-19 melanda Kota Tepian. Seluruh aktivitas penggalangan massa terpaksa dihentikan. Tapi politik selalu punya celah untuk mencari dukungan. Di bulan itu pula, PKS menjadi partai kedua yang menyatakan dukungan setelah PKB. Untuk pasangan AH dan Rusmadi.

Dukungan diumumkan Ketua DPW PKS Kaltim Harun Al Rasyid. Ia menunjukkan SK dukungan itu di sekretariat DPW PKS Kaltim Jalan M Yamin. Ketika itu, ia mengenakan seragam resmi PKS. Kemeja putih dan peci hitamnya. SK diserahkan secara simbolis kepada tim Andi Harun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: