Jelang Magrib, Bangunan Milik Hotel di Balikpapan Terbakar

Jelang Magrib, Bangunan Milik Hotel di Balikpapan Terbakar

Bangunan rumah kosong milik hotel yang terbakar. (Andrie/Disway)

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Warga Jalan D.I Pandjaitan RT 79 Gang Cendana, Kelurahan Karang Rejo, Balikpapan Tengah mendadak dibuat panik lantaran jago merah melalap sebuah bangunan bekas mess karyawan milik Hotel Blue Sky, Selasa (16/6/2020) sekitar pukul 18.00 wita. Warga pun berlarian keluar rumah sambil meminta pertolongan.

Kejadian begitu cepat, rumah yang lama kosong ini awalnya mengeluarkan asap tebal dari ujung sebelah kiri bangunan. Tak lama kemudian api terlihat langsung menyambar dengan cepat ke seluruh bangunan yang lama kosong itu.

"Kaget mas, sebab kami itu pas mau pergi salat magrib tiba-tiba warga larian cari selang sama ember, ternyata api sudah besar," ujar Ketua RT 79, Purwanto.

Warga pun membantu penyiraman dengan cara seadanya sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang. Hingga akhirnya unit dari UPTD Balikpapan Utara tiba dan langsung melakukan penyiraman.

Beruntung api cepat dipadamkan sekira 40 menit kemudian oleh petugas pemadam. Api tak sempat merembet pada bangunan disekitarnya dan diketahui tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja memang petugas menemui kendala dalam proses penanganan yakni lalu lintas yang macet serta akses masuk yang sempit.

"Kita turunkan sekitar 8 unit. Kendala lalu lintas ramai karena jam pulang kerja. Kendala lain aksesnya sulit untuk masuk tapi kita atasi dengan selang panjang. Korban jiwa belum ada," jelas Kepala BPBD Balikpapan, Suseno dilokasi kejadian.

Sementara itu penyebab kebakaran masih belum diketahui. Namun warga melihat api pertama muncul dari ujung sebelah kiri bangunan dan dengan cepat merembet pada bagian lainnya. Saat ini petugas dari Polsek Balikpapan Utara juga tengah melakukan penyelidikan.

"Kita patut bersyukur tidak merembet kemana-mana, alhamdulillah pemadam bisa menangani sehingga nggak meluas. Untuk penyebabnya masih dalam lidik," ujar Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Mas'ut.

Diketahui bangunan tersebut merupakan bekas mess karyawan Hotel Blue Sky yang sudah lama tidak berpenghuni.

"Lama kosong sudah lebih lima tahun. Cuma satu tahun yang lalu disini buat mebel," tambah Ketua RT 79, Purwanto. (Bom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: