DPRD Kukar Dorong Pemda Lakukan Pemutihan pada Aset yang Membebani Anggaran Daerah

DPRD Kukar Dorong Pemda Lakukan Pemutihan pada Aset yang Membebani Anggaran Daerah

Kukar, DiswayKaltim.com - DPRD Kutai Kartanegara menyoroti banyaknya aset-aset milik Pemerintah Daerah Kutai Kartanegara yang masih menjadi membebani keuangan daerah. Dan meminta segera dilakukan pemutihan.

Anggota DPRD Kukar dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Syarifuddin menyebutkan, salah satunya saja seperti kendaraan dinas milik pemerintah daerah yang tidak layak operasional lagi. Yang memungkinkan membutuhkan anggaran biaya yang besar.

"Karena jangan sampai aset-aset yang ada justru menjadi beban bagi daerah," ujar Syarifuddin pada Disway Kaltim belum lama ini.

Meskipun DPRD Kukar belum ada mengarah untuk mendorong Pemerintah Daerah Kukar agar mendata dan mengelola hal tersebut. Namun pastinya aset-aset yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar, ada uang menghasilkan untuk pemda dan pasti ada juga yang membebani keuangan daerah.

"Intinya aset yang membebani keuangan daerah, kami DPRD mengusulkan untuk segera dilakukan pendataan untuk pemutihan," lanjut Syarifuddin.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi menjelaskan aset-aset yang sudah tidak termaksimal dengan baik, untuk segera dibuatkan nilai penyusutannya. Apabila memang sudah habis masa ekonomisnya ss, agar segera dibuatkan penghapusannya.

"Apakah melalui lelang atau apapun, hasilnya jadi PAD baru untuk kita," pungkas Alif. (adv/mrf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: