Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPRD Kukar Segera Panggil PDAM Tirta Mahakam

Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPRD Kukar Segera Panggil PDAM Tirta Mahakam

Kukar, DiswayKaltim.com - DPRD Kutai Kartanegara akan segera memanggil PDAM Tirta Mahakam dan melakukan rapat dengar pendapat (RDP). Terkait keluhan masyarakat Kukar yang mengeluhkan tagihan rekening air yang naik drastis.

Pasca pemerintah daerah menggratiskan tagihan air untuk April dan Mei untuk sambungan air kategori 1 dan 2. Dampak penyebaran pandemi COVID-19 di Kukar sejak Maret 2020 silam.

"Harapan kita memang secepatnya permasalahan PDAM ini, keluhan masyarakat ini bisa terselesaikan," jelas Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid pada Disway Kaltim saat ditemui di ruangannya, Jumat (12/6/2020).

Sebelumnya, masyarakat Kukar juga merasa dirugikan akibat kebijakan pemerintah terkait tagihan listrik. Yang memberikan subsidi pada pengguna listrik daya 450 kWh dan 900 kWh. Namun bagi pengguna daya 1.300 kWh mengalami lonjakan tagihan.

Sehingga Rasid mengatakan adanya istilah gratis yang diwacanakan pemerintah, tetapi nyatanya tagihan yang dibayarkan lebih tinggi dibanding tagihan biasanya.

Bahkan Rasid menerima aduan jika ada masyarakat yang tagihan PDAM-nya mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat. Sehingga pihak PDAM perlu memberikan penjelasan terkait hal ini, apa yang menyebabkan sampai tagihan meningkat tajam. Metode perhitungan apa yang digunakan pihak PDAM Tirta Mahakam.

"Kita secepatnya agendakan dengan PDAM untuk kita lakukan RDP," pungkas Rasid. (adv/mrf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: