Siswo Dukung Penuh Pemkab Kukar Lakukan Pengetatan Keluar Masuk Pendatang

Siswo Dukung Penuh Pemkab Kukar Lakukan Pengetatan Keluar Masuk Pendatang

Kukar, DiswayKaltim.com - Wakil Ketua DPRD Kukar Siswo Cahyono meminta pemerintah daerah Kutai Kartanegara tetap melakukan proteksi terhadap masyarakatnya, dari ancaman penyebaran COVID-19.

Dirinya juga mendukung penuh langkah pemda terhadap masyarakat luar yang masuk ke Kukar, untuk melengkapi dokumen kesehatan bebas COVID-19.

"Kita mendukung ya, itukan cara kita mengantisipasinya," ujar Siswo saat dihubungi Disway Kaltim, Rabu (10/6/2020).

Siswo melihat langkah pemerintah daerah yang mengharuskan pendatang melakukan tes swab tenggorok atau PCR terlebih sebelum masuk wilayah Kukar sudah tepat.

Siswo mengatakan, jangan sampai mereka lolos dari pemeriksaan. Karena apabila mereka lolos dan kembali ke tempat pekerjaannya, potensi penyebaran sangat besar.

Hal ini melihat sudah sebanyak sembilan pekerja yang terkonfirmasi positif COVID-19. Tujuh pasien yang datang ke Kecamatan Tabang. Dan dua dari Kelurahan Senipah, Kecamatan Samboja. Salah satunya transmisi lokal.

Siswo mengharapkan pemerintah daerah segera memberikan imbauan kepada seluruh perusahaan yang karyawannya akan kembali bekerja. Agar dikarantina dan dilakukan tes kembali. Baik rapid test maupun tes PCR.

Sehingga jangan langsung diperbolehkan untuk bekerja. Untuk dilakukan tes terlebih dahulu agar tidak timbul penyebaran baru dan bisa diantisipasi. "Ketika naik kapal atau pesawat pasti berinteraksi dengan orang lain," pungkasnya. (adv/mrf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: