Diduga Konsleting Listrik, 2 Rumah dan 11 Kios Depan Pasar Mangkurawang Terbakar

Diduga Konsleting Listrik, 2 Rumah dan 11 Kios Depan Pasar Mangkurawang Terbakar

Tampak Abdul Jalal (baju kaos orange) di lokasi kebakaran saat mencoba menenangkan sang istri yang baru tiba usai bekerja di Puskesmas Rapak Mahang. (Bayu/DiswayKaltim)

==============

Kukar, Diswaykaltim.com - Musibah kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (24/3/2020) siang pukul 14.00 Wita, tepatnya di RT 8 Jalan Usaha Tani, Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong. Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Berdasarkan data sementara, dua rumah tunggal dan sebelas kios ludes terbakar.

Menurut keterangan sejumlah saksi. Kebakaran bermula dari kediaman Abdul Jalal. Ketika itu Abdul Jalal sedang beristirahat di rumah bersama anaknya. Sementara istrinya sedang tugas di Puskesmas Rapak Mahang.

“Saya lagi istirahat di lantai bawah, pas di kamar paling depan. Terus istri Haji Mukhtar yang nyewa kios tempat saya teriak kebakaran,” kata Jalal saat ditemui di lokasi kejadian. Dari bawah ia tidak melihat ada asap. Apalagi api. Tapi ketika keluar rumah. Jalal kaget asap tebal dan kobaran api sudah membesar di lantai dua rumahnya.

“Saya langsung cepat masuk ke dalam rumah ambil surat-surat penting. Terus saya selamatkan. Ketika saya mau selamatkan barang-barang lagi ke dalam, sudah tidak bisa lagi. Akhirnya saya dobrak pintu belakang untuk selamatkan diri,” ucap PNS di Puskesmas Mangkurawang ini.

Ia beserta keluarga hanya bisa pasrah. Apalagi harta benda yang berhasil selamat hanya satu unit sepeda motor yang berhasil dibawa anaknya dan pakaian di badan. Ditambah surat-surat penting tadi.

“Handphone saya saja nggak selamat. Semua terbakar. Cuma ini yang tersisa,” ungkapnya Jalal.

Kebakaran cukup sulit ditangani lantaran angin sedang kencang. Ditambah penuhnya masyarakat yang datang hanya untuk mendokumentasikan musibah tersebut.

Beruntung petugas gabungan Polri serta Satpol PP cepat bertindak dengan melakukan pengalihan arus serta melarang masyarakat untuk mendekat. Sehingga jalan terbuka lebar bagi petugas pemadam yang tiba di lokasi.

Pemadaman berlangsung selama 30 menit oleh BPBD Kukar dibantu relawan dan watercanon Polres Kukar.  Untuk kerugiannya, masih di data oleh pihak kepolisian dari Polsek Tenggarong.

“Rata-rata yang terbakar kios buah. Hanya satu warung bakso. Itu yang paling ujung sebelum masuk Jalan Usaha Tani,” ujar Hendra, warga sekitar. (Byu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: