Debat Paslon Bupati Mahulu Digelar Sore ini, Para Kandidat Bersiap Dicecar Belasan Pertanyaan

Debat Paslon Bupati Mahulu Digelar Sore ini, Para Kandidat Bersiap Dicecar Belasan Pertanyaan

Lokasi Debat perdana paslon Bupati Mahulu sedang dalam proses persiapan (Iswanto/Disway Kaltim).--

MAHAKAM ULU, NOMORSATUKALTIM - Debat perdana Pemilihan bupati (Pilbup) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) akan digelar, Sabtu (26/10/2024) sore ini pada pukul 16.00 WITA - selesai.

Debat yang diikuti tiga Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati itu akan digelar secara terbuka di Lapangan Tribun Kampung Ujoh Bilang.

Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi (Parmas Sosdiklih) KPU Mahulu, Yulia Djiu Hong mengatakan persiapan menjelang debat perdana itu sudah sangat matang.

Mengingat kejadian tersebut terjadi di tempat terbuka, pihak KPU telah berkoordinasi dengan aparat TNI-Polri untuk memperkuat keamanan di kawasan tersebut. 

“Kami sudah meninjau lokasi yang tadi. Kemudian dari aparat keamanan juga sudah melakukan geladi untuk persiapan pengamanan saat debat berlangsung,” kata Yulia Djiu Hong, Jumat (25/10/2024).

BACA JUGA :  Pencarian Korban Perahu Karam di Sungai Mahakam Dihentikan, Satu Korban Belum Ditemukan

Yuli menyebutkan bahwa, tema debat perdana ini yakni “Mahakam Ulu Harmonis dan Berkelanjutan”.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan debat tersebut, KPU telah menyiapkan 5 orang panelis yang diambil dari kalangan akademisi dan perwakilan media atau wartawan. 

Kemudian, KPU juga telah menyiapkan sebanyak 12 pertanyaan yang nantinya akan diambil oleh para panelis di fishbawl (tempat undian), dan selanjutnya dibacakan oleh moderator dalam enam segmen debat.

“Ada 12 pernyataan yang disiapkan, nanti akan diambil oleh tim panelis dan dibacakan moderator sesuai pertanyaan yang telah disiapkan,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam pelaksanaan debat tersebut, pasangan diperbolehkan membawa pendukung berjumlah 50 orang.

BACA JUGA :  Indonesia Tertarik Bergabung dengan BRICS Bersama Rusia dan China dalam Blok Ekonomi

Masing-masing pendukung paslon nantinya akan duduk sesuai tempat yang telah disediakan panitia.

“Jadi nanti total seluruh pendukung yang boleh masuk ke dalam tenda debat nanti sebanyak 150 orang, itu sudah kami siapkan tempat khusus untuk masing-masing pendukung paslon,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: