Kerja Sama Kodim 0906/KKR dan Pemkab di Sektor Pertanian Diapresiasi DPRD Kukar

Kerja Sama Kodim 0906/KKR dan Pemkab di Sektor Pertanian Diapresiasi DPRD Kukar

Farida, ketua sementara DPRD Kukar.-Ari Rachiem-nomorsatukaltim.com

 

KUTAI KARTANEGARA, NOMORSATUKALTIM – Ketua DPRD Sementara Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Farida mengapresiasi  Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) yang kembali menggandeng Kodim 0906/KKR melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 untuk memperkuat sektor pertanian.

Program ini resmi dimulai Rabu 2 Oktober2024 lalu di Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang. TMMD kali ini berfokus pada pengembangan infrastruktur pertanian di desa tersebut.

Sejumlah pekerjaan fisik telah direncanakan, termasuk peningkatan jalan usaha tani sepanjang 3.200 meter, pembangunan 12 jembatan penghubung antar-hamparan, serta pemasangan 14 jenis gorong-gorong dan satu bendungan air.

Selain itu, ada juga sasaran fisik tambahan berupa rehabilitasi tiga unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan tiga sumur bor untuk masyarakat, serta empat sumur bor pertanian.

Dari hal tersebut, Ketua Sementara DPRD Kukar, Farida, menyatakan dukungannya terhadap program TMMD ini. Menurutnya, program tersebut sangat penting dalam meningkatkan infrastruktur pedesaan di Kutai Kartanegara, terutama dalam mendukung ketahanan pangan menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

"TMMD selalu menjadi bagian penting dalam pembangunan pedesaan, terutama dalam perbaikan jalan, pembangunan jembatan, serta fasilitas publik yang mendukung kesejahteraan masyarakat," ujar Farida.

Farida juga menjelaskan bahwa program TMMD akan memberikan dampak langsung pada aksesibilitas dan perekonomian masyarakat di desa-desa sasaran. Ia berharap, dengan adanya program ini, kolaborasi antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat bisa semakin kuat dalam membangun desa yang masih terisolasi.

"Dengan program TMMD, akses jalan dan fasilitas penting di desa-desa bisa semakin baik, yang tentunya berimbas positif pada perekonomian masyarakat," tambahnya.

Anggarkan Rp 3,1 Miliar

Program TMMD ke-122 di Kukar ini resmi dibuka oleh Pjs Bupati Kutai Kartanegara, Bambang Arwanto, bersama Dandim 0906/KKR, Letkol Czi Damai Adi Setiawan. TMMD di Kukar kali ini dianggarkan sebesar Rp 3,1 miliar untuk menyelesaikan berbagai proyek yang telah direncanakan.

Farida berharap, dengan anggaran yang cukup besar ini, program TMMD mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di desa-desa yang menjadi sasaran program tersebut.

"Harapan kita, TMMD ke-122 akan terus memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat pedesaan di seluruh wilayah Kukar," imbuhnya. (*/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: