Jangan Anggap Remeh, Kekurangan Energi Punya Dampak Buruk Bagi Keseharian Kita

Jangan Anggap Remeh, Kekurangan Energi Punya Dampak Buruk Bagi Keseharian Kita

Kekurangan energi punya dampak pada keseharian kita. -freepik-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Energi yang menipis mempengaruhi kita semua. Dan tidak ada yang membuat kesal selain ingin menghabiskan hari, namun energy atau tenaga justru berkurang.

Berikut ini adalah hal yang paling sering menguras tingkat energi, apa yang dapat mengembalikannya, dan perbedaan antara tingkat energi yang berkurang untuk sementara dan sesuatu yang lebih serius.

Mengapa kita kehilangan energi?
Banyak faktor yang bisa menguras cadangan energi kita. Salah satu faktor besar yang mempengaruhi kita adalah suhu, yang berkontribusi besar memicu kelelahan.

Salah satu alasannya adalah karena termoregulasi. Yakni cara tubuh untuk mempertahankan suhu inti tubuh dengan mempengaruhi aliran darah kulit dan memanfaatkan cadangan energi.

BACA JUGA:Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan

BACA JUGA:Cermati Gejalanya! Ini Cara Mengetahui Pasangan yang Berselingkuh via WhatsApp

“Ini berarti kita harus mengeluarkan lebih banyak energi per unit kerja untuk bergerak di tempat yang panas daripada di suhu yang lebih dingin,” jelas Dr. Anthony Beutler, direktur medis kedokteran olahraga di Intermountain Health di Salt Lake City, dikutip USA Today.  

Faktor lainnya adalah kurangnya waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang berkualitas adalah salah satu cara tubuh memperoleh energi yang dapat digunakan saat kita bangun.

Beutler mengatakan bahwa jika kita tidak memiliki cukup energi yang tersimpan, tubuh kita tidak akan memiliki banyak energi untuk digunakan sepanjang hari.

Selain waktu tidur yang kurang, asupan makanan yang kurang juga berdampak pada kurangnya suplai energi untuk tubuh.

“Tubuh kita perlu diberi makan, sebaiknya dengan makanan asli dalam jumlah yang tepat,” jelas Dr. Denise Millstine, spesialis kesehatan dan direktur klinik pengobatan integratif Mayo Clinic di Arizona. “Mengonsumsi makanan yang banyak diproses dan mengandung gula adalah salah satu cara yang pasti untuk menguras energi Anda.”

BACA JUGA:Makan Tengah Malam Ternyata Mengandung Risiko Penyakit

BACA JUGA:Studi: Memberikan HP ke Anak Tantrum, Memperlemah Kemampuan Mereka Mengontrol Emosi

Yang juga sering terlupa adalah stress. Ya, stres dan cemas berlebih ternyata juga menguras banyak energi dalam tubuh kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: