Pertama Kali, Presiden Jokowi Kunjungi Paser

Pertama Kali, Presiden Jokowi Kunjungi Paser

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke SMK Negeri Tana Grogot, Paser, Kamis 26 September 2024.-Disway/ Awal-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) untuk kali pertama menginjakkan kaki di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. 

Kedatangan kepala negara bersama rombongan terbatas di Bumi Daya Taka bertolak dari Ibu Kota Nusantara (IKN) menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, sekira pukul 08.00 Wita dan landing di Stadion Sadurengas, pukul 08.20 Wita.

Di Kabupaten Paser, Jokowi melakukan dua titik kunjungan. Dimulai di SMK Negeri 1 Tanah Grogot dan diakhiri di Gedung Bulog.

Ratusan siswa SMK Negeri 1 Tanah Grogot,  sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi. Di sekolah yang berada di Jalan Ki Hajar Dewantara ini, Jokowi memberikan 2 unit sepeda dan baju ratusan pcs kaos kepada siswa maupun masyarakat sekitar yang telah menunggu sejak pukul 07.00 Wita.

BACA JUGA: Warga Antusias Sambut Kedatangan Jokowi di Bumi Batiwakkal

BACA JUGA: Jokowi: IKN Buka Peluang Ekonomi bagi Daerah Penyangga

Di depan pelajar, ia berpesan untuk selalu fokus dalam pendidikan. "Anak-anakku semuanya semangat belajar, jangan lupa berdoa dan olahraga biar sehat," kata Jokowi, Kamis (26/9/2024) pagi.

Ia tak banyak memberikan arahan maupun pesan kepada pelajar. Namun, Jokowi menyempatkan mengelilingi sekolah dengan melihat ruang kelas dan fasilitas dalam belajar-mengajar di SMK Negeri 1 Tanah Grogot.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Tanah Grogot, Ujang Mulyana mengatakan, saat kunjungan Jokowi, sekolah masih dalam proses pembelajaran biasa. Sehingga, kepala negara itu bisa berdialog dengan siswa dan guru secara langsung.

“Beliau (Jokowi) merasa bangga, merasa puas, ternyata sarana dan prasarana dalam pembelajaran siswanya di SMKN 1 Tanah Grogot lengkap dan sudah mengarah ke digital,” ucap Ujang Mulyana.

BACA JUGA: Kondisi Jalan Rusak Parah, Pemkab Paser Kebut Pengerjaan Peningkatan Jalan Antar Desa

Jokowi meninggalkan pesan khusus untuk SMK Negeri 1 Tanah Grogot, yakni terus mengembangkan dunia pendidikan, sesuai dengan berkembangnya teknologi.

"Sehingga SMK di Paser bisa berkembang dan bisa sejajar dengan sekolah lainnya,” tutur Ujang.

Dia menyebut, alasan hadirnya Jokowi di SMKN 1 karena telah Dwitama Mandiri, pengelolaan keuangan sistem BLUD, lisensi LSP P1 untuk sertifikasi profesi, sekolah digital tingkat provinsi, juara 2 PJAS tingkat nasional serta prestasi lainnya bidang olahraga, ekstrakurikuler maupun seni tari selalu mewakili Provinsi Kaltim dalam ajang nasional. Hal itu dinilai jadi poin lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: