Kementerian PUPR Dampingi Komisi V DPR RI dalam Kunjungan Kerja ke IKN

Kementerian PUPR Dampingi Komisi V DPR RI dalam Kunjungan Kerja ke IKN

Kementerian PUPR saat mendampingi Komisi 5 DPR RI meninjau lokasi Embung MBH di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kamis (12/9/2024). -Disway/ Chandra-

NUSANTARA, NOMORSATUKALTIM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendampingi Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Kamis (12/9/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk memantau langsung progres pembangunan di IKN, khususnya untuk Embung MBH dan tower hunian Aparatur Sipil Negara (ASN), yang tengah berlangsung dengan cepat. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memimpin delegasi dari pihak kementerian. Sementara rombongan Komisi V DPR RI dipimpin oleh Roberth Rouw dari Fraksi Nasdem Dapil Papua.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono memaparkan perkembangan terkini proyek hunian bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri di kawasan IKN. 

BACA JUGA: Progres Pembangunan IKN Diklaim Signifikan, Otorita Optimis Rampung Paling Cepat Oktober 2024

BACA JUGA: Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Ini, Kementerian PUPR Tuntaskan Tahap II Tahun Depan

Ia menyampaikan, bahwa hingga September 2024 ini, 13 menara hunian sudah selesai dibangun dan akan ditambah delapan menara lagi hingga akhir bulan. 

"Hari ini selesai 13 tower, nanti akhir September ini 13 tambah 8 lagi, artinya 21. Kemudian, November 10 tower, jadi 38. Desember 9 lagi, jadi totalnya 47 tower untuk ASN, TNI, dan Polri," ungkap Basuki, pada Kamis (12/9/2024) di IKN.

Basuki juga menjelaskan, bahwa satu tower hunian akan menampung sekitar 60 unit dengan luas setiap unit mencapai 98 meter persegi. 

"Kalau saya bilang untuk satu keluarga, jadi sampai akhir Desember ini akan ada 47 tower, kira-kira 2.600 ASN akan menempati 47 tower tersebut," lanjutnya. 

BACA JUGA: Mundur Lagi Pemindahan ASN ke IKN, Menpan RB Ungkap Penyebabnya

BACA JUGA: Lampaui Target dan Rencana, Progres Pembangunan IKN Sangat Positif

Ia menekankan, bahwa tidak perlu tergesa-gesa memindahkan ASN ke IKN agar produktivitas mereka tetap terjaga. "Kami bertanggung jawab atas sarana dan prasarananya," tegasnya.

Selain itu,  Basuki juga memaparkan progres pembangunan infrastruktur pendukung lainnya, salah satunya adalah Embung MBH yang berada di kawasan inti pusat pemerintahan IKN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: