Masih Jauh dari Target, Kontingen Kaltim Peringkat 12 Sementara di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Masih Jauh dari Target, Kontingen Kaltim Peringkat 12 Sementara di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Cabang olahraga (Cabor) Cricket menjadi salah satu penyumbang medali bagi Kontingen Kaltim di PON XXI 2024.-(Foto/Dok.Cricket Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kontingen Kalimantan Timur (Kaltim) berada di peringkat 12 dalam klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. 

Dilihat dari laman PON XXI, hingga Kamis, 12 September 2024, pukul 10.30 Wita, Kontingen Kaltim baru berhasil mengumpulkan total 28 medali.

Perolehan 28 medali ini terdiri dari 6 emas, 7 perak, dan 15 perunggu. 

Jumlah ini masih jauh dari target yang telah ditetapkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, yang sebelumnya menargetkan 35 medali emas untuk masuk empat besar klasemen akhir.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Angkat Bicara Ungkap Alasan Tak Panggil Elkan Baggott

BACA JUGA: Maarten Paes Tampil Solid, Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi 1-1

Penyumbang utama medali emas Kaltim datang dari beberapa cabang olahraga (cabor) andalan. 

Cabor binaraga berhasil menyumbang 2 medali emas, disusul oleh angkat besi, cricket, dancesport, dan futsal yang masing-masing menyumbangkan 1 medali emas. 

Namun, medali perak dan perunggu mendominasi perolehan Kaltim, dengan 7 medali perak dari berbagai cabor seperti angkat besi, binaraga, dan kabaddi, serta 15 medali perunggu dari judo, catur, dan beberapa cabor lainnya.

Dominasi Jawa Timur

Di klasemen sementara PON XXI, Jawa Timur memimpin dengan 51 medali emas, diikuti oleh Jakarta dengan 42 medali emas, dan Jawa Barat dengan 31 medali emas. 

BACA JUGA: Makin Menyala! Mess Hilgers dan Eliano Reijnders Gabung King Indo

BACA JUGA: STY Yakin Timnas Indonesia Jadi 'Kuda Hitam' di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tuan rumah Sumatera Utara berada di posisi 4 dengan 23 medali emas, disusul oleh Aceh di peringkat 5 dengan 20 medali emas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: