Kebakaran di Dahor III, 5 Rumah Hangus Diamuk Si Jago Merah

Kebakaran di Dahor III, 5 Rumah Hangus Diamuk Si Jago Merah

Petugas dari BPBD kesulitan menaklukkan kobaran api. Bahkan di antaranya ada yang harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak menghirup asap. (Andrie/DiswayKaltim.com). ===============  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Musibah kebakaran terjadi di Jalan Al Falah RT 38 Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat atau tepatnya di kawasan Dahor III.

Sedikitnya 5 unit rumah hangus terbakar saat musibah yang terjadi pada Kamis (9/1/2020) sekitar pukul 14.40 wita.

Padatnya pemukiman warga menjadi kendala bagi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dalam memadamkan api.

Bahkan, untuk menjulurkan selang air, petugas sempat adu tegang dengan warga yang berkeinginan membantu petugas.

Alhasil seorang warga bernama Buyung (38) sempat terkena api di bagian kaki sebelah kanannya lantaran mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Selain Buyung, salah seorang petugas BPBD juga dilarikan ke puskesmas terdekat lantaran mengalami sesak nafas dan luka bakar di bagian tangannya.

Petugas BPBD Kota Balikpapan Usman Ali mengatakan, berdasarkan data yang dihimpunya saat ini sedikitnya terdapat 5 bangunan rumah yang hangus terbakar.

"Saat ini data yang saya terima ada 5, namun yang terdampak belum diketahui. Masih dalam pendataan petugas," ujarnya di lokasi kebakaran, Kamis (9/1/2020).

Dari 5 unit rumah yang terbakar ini, ada 8 kepala keluarga (KK) yang terpaksa harus diungsikan ke tempat yang aman atau saudaranya.

"Informasi yang saya dapat dari 5 rumah itu ada 8 KK," tambah Usman Ali.

Disinggung apa penyebab kebakaran, Usman Ali belum bisa memastikan penyebabnya. "Belum tahu apa penyebabnya. Saat ini petugas masih melakukan pendataan dan mencari keterangan saksi-saksi di sekitar lokasi rumah korban," jelasnya.

Sementara itu, salah seorang saksi mata bernama Roky (43) mengatakan, api pertama kali dilihatnya pada pukul 14.30 wita dari salah satu rumah warga. Setelah itu dirinya langsung berlari menuju rumah tersebut dan berteriak jika terjadi kebakaran.

"Saya pas disitu (Depan Gang) ada asap saya liat, langsung saya kesana teriak saja, kebakaran, kebakaran. Ada yang langsung nelpon pemadam," jelasnya.

Api sendiri baru bisa dijinakkan oleh petugas BPBD Kota Balikpapan pada pukul 15.30 wita. (Bom/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: