Beri Perhatian kepada Pelaku Usaha dan Nelayan di Kukar, Edi-Rendi Dinilai Berhasil

Beri Perhatian kepada Pelaku Usaha dan Nelayan di Kukar, Edi-Rendi Dinilai Berhasil

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menerima penghargaan.-istimewa-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin, didapuk sebagai Tokoh Inspiratif. Rendi Solihin dinilai berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat di sektor perikanan, khususnya untuk neyalan.

Trophy penghargaan diterima langsung oleh Rendi Solihin pada malam "Anugerah Inspiratif Liputan6.com", di Hotel Shangri La, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Rendi Solihin sendiri meraih penghargaan dalam kategori Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Nelayan. Penghargaan tersebut semakin menegaskan program-program Pemerintah Kabupaten Kukar, yang tepat sasaran dan memberi menimbulkan banyak manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:Festival di Era Edi-Rendi Makin Kaya, Pariwisata Kukar Bergairah, UMKM Banjir Cuan

Sejumlah program yang telah dirasakan masyarakat, khususnya nelayan, antara lain: Program fasilitasi bantuan mesin dan alat tangkap untuk 25.000 nelatan dan infrastruktur pendukung penangkapan ikan, menyalurkan alat tangkap ramah lingkungan kepada 400 orang nelayan dan pembudi daya, kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa Bimtek dan pelatihan, telag dilakukan sebanyak 7.173 kali. 

Dalam sambutannya, Politisi PDI Perjuangan itu mempersembahkan penghargaan tersebut untuk ribuan nelayan di Kukar. Rendi menilai, saat ini Kukar tidak hanya dikenal sebagai kabupaten kaya penghasil minyak, gas dan batu bara, namun juga berdaya saing di sektor perikanan, serta pertanian.

BACA JUGA:Etam Begenjoh 2024, Kepemimpinan Edi-Rendi Tuai Apresiasi karena Peduli dengan Seni Budaya Lokal

"Kalau selama ini Kukar dikenal sebagai kabupaten kaya karena sektor migas dan batu bara, kali ini kami buktikan Kukar juga bisa dikenal dan berprestasi di sektor pertanian-perikanan," ucap Rendi.

Lanjut Rendi menjelaskan, Kukar memiliki berbagai potensi sumber daya alam di sektor perikanan, yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Beberapa potensi di sektor perikanan, meliputi:

- Panjang garis pantai 1.600 Km

- 29 Danau seluas kurang lebih 29.000 Ha

- Embung seluas 250 Ha

BACA JUGA:Program 25 Ribu Nelayan Produktif Telah Capai Target, Edi-Rendi Berharap Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: