Ada Beasiswa Rp 3,5 Miliar untuk 400 Kader Muhammadiyah, Ayo Siapa Minat?

Ada Beasiswa Rp 3,5 Miliar untuk 400 Kader Muhammadiyah, Ayo Siapa Minat?

Ilustrasi Kader Muhammadiyah-(Foto/Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kabar gembira datang dari Muhammadiyah! Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agung Danarto mengumumkan peluncuran program Beasiswa Kader Muhammadiyah 2024 melalui acara daring dari Pusat Syiar Dakwah Muhammadiyah (PSDM) di Yogyakarta. 

Program beasiswa ini diselenggarakan melalui kerja sama antara Lazismu Pusat dan Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) PP Muhammadiyah.

Total dana yang disediakan untuk Beasiswa Kader 2024 ini mencapai Rp 3,5 miliar, yang akan diberikan kepada 400 kader Muhammadiyah. Dana ini diharapkan dapat membantu kader-kader Muhammadiyah untuk melanjutkan pendidikan mereka. 

BACA JUGA: Raih Penghargaan dari ANRI, Kementerian ATR/BPN Upayakan Pengelolaan Arsip yang Semakin Baik

Beasiswa ini terbagi dalam dua skema, yakni kader yang aktif di ortom minimal tingkat daerah, serta beasiswa kader mustadh’afin atau kader yang kurang mampu.

Agung Danarto menjelaskan bahwa dari total dana tersebut, sebanyak 250 orang akan menerima beasiswa untuk jenjang S1, masing-masing sebesar Rp4 juta. Sementara itu, 150 orang akan menerima beasiswa untuk jenjang S2, masing-masing sebesar Rp 5 juta. 

"Beasiswa ini merupakan bagian dari perhatian serius Muhammadiyah terhadap kadernya. Kami berharap peluang ini dimanfaatkan untuk studi lanjut sehingga kader memiliki kemampuan bersaing di tengah kemajuan Muhammadiyah saat ini," ujarnya, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu (31/7/2024).

BACA JUGA: Bahaya Laten Polio! Sangat Menular, Tapi Jarang Menunjukkan Gejala

Ia melanjutkan, program beasiswa ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung pendidikan kader Muhammadiyah tetapi juga untuk mempersiapkan mereka mengisi pos-pos strategis di organisasi. 

"Misalnya, untuk menjadi dosen di universitas Muhammadiyah-‘Aisyiyah minimal dibutuhkan magister. Dari tahap ini saja, banyak kader kita yang belum memenuhi kriteria karena tidak selesai atau belum menempuh jenjang pendidikan S2," kata Agung.

 

Periode Pendaftaran

Beasiswa Kader 2024 dibuka mulai 29 Juli hingga 5 Agustus 2024. Program ini memperhatikan kekaderan, potensi akademik, dan kemampuan finansial bagi kader yang sedang menempuh studi lanjut mulai D3/D4/S1 maupun S2. 

BACA JUGA: Akademisi Unmul Kritik Uji Coba Taksi Terbang, Sebut Masih Banyak Rakyat Kaltim Kesulitan Air Bersih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: