Menang Tipis 1-0, Indra Sjafri: Malaysia Bukan Lawan yang Gampang

Menang Tipis 1-0, Indra Sjafri: Malaysia Bukan Lawan yang Gampang

Selebrasi para pemain Timnas U-19, usai Alfharezzi Buffon mencetak gol ke gawang Malaysia.-(Foto/Dok.PSSI)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Tim U-19 Indonesia berhasil melaju ke final ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024). 

Gol tunggal kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh pemain muda Borneo FC, Alfharezzi Buffon pada menit ke-78. 

Selanjutnya, di partai final kejuaraan yang dulu bernama Piala AFF U-19 ini, Indonesia akan menghadapi Thailand pada Senin, 29 Juli 2024 mendatang.

BACA JUGA: Borneo FC Raih Hasil Positif pada Piala Presiden 2024

Jalannya Pertandingan

Anak asuh Indra Sjafri memulai pertandingan dengan formasi 3-5-2, di mana Jens Raven dan Arkhan Kaka ditempatkan di lini depan. 

Meski menguasai permainan, Indonesia kesulitan menembus pertahanan ketat Malaysia. Begitu juga dengan Malaysia yang kesulitan mengembangkan permainan karena kokohnya lini belakang yang digawangi oleh Kadek Arel dan kawan-kawan. 

Alhasil, babak pertama berakhir tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pelatih Indra Sjafri melakukan beberapa pergantian strategis. Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan dimasukkan menggantikan Arkhan Kaka dan Figo Dennis. Pergantian ini membuat serangan Indonesia semakin gencar dan bervariasi.

Gol yang dinantikan akhirnya tercipta pada menit ke-78 melalui aksi Alfharezzi Buffon. Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan, memastikan Indonesia melangkah ke partai puncak.

BACA JUGA: Sebut Indonesia Curang, Media Vietnam Doakan Anak Asuh Indra Sjafri Kalah Lawan Malaysia

Komentar Indra Sjafri

Usai pertandingan, pelatih Indra Sjafri mengungkapkan rasa syukurnya atas kemenangan ini. 

"Saya bersyukur kita bisa ke final, pemain kerja keras selama 2x45 menit. Malaysia bukan lawan yang gampang tapi kami bisa selesai dengan baik. Seperti yang saya sampaikan kemarin, bahwa ini berarti final kedua buat saya di Jawa Timur, mudah-mudahan Jawa Timur menjadi kota yang baik untuk saya," ujarnya dalam jumpa pers, Sabtu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: