Pemkab Berau Terus Percantik Tepian Sungai

Pemkab Berau Terus Percantik Tepian Sungai

pedagang di tepian Sungai Segah-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Revitalisasi penataan kawasan kuliner Tepian Jalan Ahmad Yani Tanjung Redeb telah selesai dilakukan, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau akan melakukan revitalisasi penataan kawasan kuliner Tepian Jalan Pulau Derawan.

 

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengatakan, Pemkab Berau akan mempercantik tepian Jalan Pulau Derawan sama seperti tepian Ahmad Yani. Sedikitnya, Pemkab Berau menyediakan anggaran sebesar Rp33,9 miliar yang bersumber dari APBD. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Pemkab Berau untuk menjadikan Kawasan Tepian Sungai Segah menjadi semakin menarik serta jauh dari kesan kumuh.

BACA JUGA : 14.475 Turis Asing Tercatat Kunjungi Kalimantan Timur sejak Awal Tahun

"Apalagi kawasan tepian menjadi andalan bersantai bagi masyarakat di Kabupaten Berau. Pemkab Berau akan terus melakukan perbaikan, penambahan fasilitas, penataan dan pembaharuan," katanya, Rabu (24/7/2024).

 

Pemkab Berau memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal. Diakuinya, kawasan tepian merupakan potensi besar yang harus dikelola, perputaran ekonomi akan semakin menguat seiring dengan pengembangan kawasan tersebut.

 

"Mudah-mudahan ekosistem ekonomi terus berputar dengan baik," harapnya.

BACA JUGA : Pemkab Kukar Salurkan Ambulans di Muara Jawa dan Muara Badak

 

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi menuturkan, tahap lelang revitalisasi tepian Jalan Pulau Derawan sudah selesai dilakukan. Tinggal menunggu pengerjaan fisiknya yang akan dimulai Agustus mendatang.

 

"Tepian Jalan Pulau Derawan nanti akan ditata sama seperti Tepian Jalan Ahmad Yani karena telah ditetapkan menjadi pusat kuliner," tuturnya.

 

 Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Berau Nomor 59 Tahun 2019, penetapan wilayah yang dijadikan wisata kuliner adalah sepanjang Jalan Ahmad Yani, sepanjang Jalan Pulau Derawan, sepanjang Jalan Pangeran Antasari, sepanjang jalan Sultan Muhammad Aminuddin Kecamatan Sambaliung, dan sepanjang Jalan Kuran Kecamatan Gunung Tabur.

BACA JUGA : Pedagang Liar Pasar Pandansari Tetap Jualan Meski ‘Kucing-kucingan’

 

Ia mengungkapkan, panjang pekerjaan yang akan dilakukan sekira 1 kilometer, mulai dari Jalan Pulau Derawan sampai di jembatan Jalan Pulau Sambit. Selain itu, ikon khas Berau juga akan dibangun sebagai daya tarik kawasan tepian.

 

"Jika di Tepian Ahmad Yani lebih menonjolkan penyu, Tepian Pulau Derawan akan menonjolkan ikan pari," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: