Kendaraan Jarang Pakai juga Tetap Perlu Servis Berkala, Ini Alasannya!

Kendaraan Jarang Pakai juga Tetap Perlu Servis Berkala, Ini Alasannya!

Mobil yang jarang digunakan juga tetap memerlukan perawatan agar tetap aman dikendarai dan berumur panjang.-(Foto/Shutterstock)-

Bahan bakar yang lama tidak digunakan dapat mengalami perubahan kualitas. Kontaminasi oleh air atau penguapan bisa terjadi, yang akhirnya mengurangi efisiensi pembakaran. 

Jika dibiarkan terlalu lama, bahan bakar yang buruk dapat merusak sistem bahan bakar kendaraan. Dalam servis berkala, teknisi akan memeriksa kondisi bahan bakar dan membersihkan sistem bahan bakar jika diperlukan.

BACA JUGA: Mengapa Mobil Diesel Tidak Mudah Mogok saat Menerjang Air?

4. Merawat Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan pada kendaraan juga memerlukan perhatian khusus, terutama jika kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama. Aki kendaraan bisa kehilangan daya atau bahkan rusak jika tidak diisi ulang secara berkala. 

Selain itu, kabel-kabel dan sambungan kelistrikan bisa mengalami korosi. Melalui servis berkala, kondisi aki dan sistem kelistrikan secara keseluruhan dapat diperiksa dan dirawat untuk memastikan kendaraan tetap siap digunakan kapan saja.

BACA JUGA: Tips Agar Kendaraan Tidak Mogok saat Melibas Genangan Hujan

5. Memastikan Tekanan dan Kondisi Ban

Ban kendaraan juga memerlukan perhatian meskipun kendaraan jarang digunakan. Tekanan ban yang tidak sesuai bisa menyebabkan ban kempes atau bahkan pecah saat kendaraan akhirnya digunakan. 

Selain itu, ban yang tidak bergerak dalam waktu lama bisa mengalami deformasi atau flat spot. Bahkan, ban yang sudah tua berisiko mengalami retak-retak karena usia. 

Melalui servis berkala, teknisi akan memeriksa tekanan, kondisi, dan umur ban untuk memastikan keselamatan berkendara. Jika ditemukan adanya retakan atau tanda-tanda penuaan pada ban, sebaiknya segera diganti untuk menghindari risiko kecelakaan.

BACA JUGA: Mobil Mogok usai Melibas Genangan, Apa Saja yang Perlu Diperiksa?

6. Menjaga Sistem Rem dan Suspensi

Sistem rem dan suspensi adalah komponen penting yang harus selalu dalam kondisi baik untuk memastikan keselamatan saat berkendara. Kendaraan yang jarang digunakan bisa mengalami penurunan performa pada sistem rem dan suspensi akibat kurangnya penggunaan. 

Servis berkala memastikan bahwa sistem rem dan suspensi diperiksa dan dirawat secara tepat sehingga tetap berfungsi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: