Kejar Progres IKN, Jokowi Obral HGU hingga 190 Tahun untuk Investor

Kejar Progres IKN, Jokowi Obral HGU hingga 190 Tahun untuk Investor

Presiden Jokowi menyampaikan keterangan pers sebelum keberangkatan menuju UEA di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (16/7/2024).-(Foto/Humas Setkab)-

BACA JUGA: Dibangun Periode Jaang, Rumah Adat Budaya Baru Ramai Lewat Event SCF 2024

Tunda'Ngantor' di IKN

Diberitakan sebelumnya, rencana Presiden Jokowi untuk mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 ditunda. Penundaan ini terutama disebabkan oleh belum siapnya infrastruktur penting, termasuk distribusi air bersih.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Alimuddin, menyatakan bahwa penundaan ini bukanlah masalah besar. 

"Ya kita lihat dulu airnya. Ini kan belum tertunda, belum juga diundur, itu kan bahasa koran aja. Pindah ke sana, mau pindah, itu kita lihat aja airnya, kita sih nggak ada persoalan," ujar Alimuddin saat dikonfirmasi Nomorsatukaltim, pada Jumat (12/7/2024) sore.

BACA JUGA: Dicopot dari Jabatan Ketua Partai Gerindra Kaltim, Andi Harun: Saya Ikhlas

Saat ini, fokus utama pemerintah adalah persiapan perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus. "Kita lagi fokus perayaan 17 Agustus, mudahan tidak ada halangan rintangan, semua berjalan, nanti lah briefing-briefing. Lihat dan percaya saja," jelas Alimuddin.

Sebelumnya, laporan dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menunjukkan bahwa fasilitas dasar di IKN seperti air dan listrik belum memadai. 

Di sisi lain, Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan IKN, Danis Sumadilaga, menyatakan bahwa progres pembangunan kantor kepresidenan mencapai 92 persen, namun cuaca buruk menjadi kendala utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: