Ramalan Cuaca Kaltim, 14 Juli 2024, Cek di Sini!

Ramalan Cuaca Kaltim, 14 Juli 2024, Cek di Sini!

Ilustrasi cuaca Kaltim hari ini.-(Foto/Freepik)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Memasuki pertengahan bulan Juli, Kalimantan Timur (Kaltim) menghadapi beragam kondisi cuaca yang perlu diwaspadai oleh masyarakat setempat. 

Berdasarkan laporan terbaru dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdapat beberapa wilayah di Kaltim yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang pada hari Minggu, 14 Juli 2024.

Wilayah yang diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem ini antara lain Samarinda, Tenggarong, Muara Badak, Batu Ampar, dan Bengalon.

BACA JUGA: Di Mahulu, Tradisi Makan Sirih Kerap Dijadikan Media Pembuka Obrolan 

"Peringatan Dini! Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir & angin kencang di wilayah Samarinda, Tenggarong, Muara Badak, Batu Ampar, Bengalon," demikian rilis BMKG, pada Minggu (14/7/2024).

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat di wilayah-wilayah tersebut meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya banjir, pohon tumbang, dan gangguan aktivitas sehari-hari akibat cuaca buruk.

Samarinda, salah satu wilayah yang mendapat peringatan dini, akan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari, namun diperkirakan hujan petir pada siang hari. Malam hari cuaca akan kembali cerah berawan, begitu pula pada dini hari. Suhu di Samarinda diperkirakan berkisar antara 23 hingga 30 derajat Celsius dengan kelembapan 70 hingga 90 persen.

BACA JUGA: Tantangan Para Jurnalis Hadapi Dinamika Pilkada: Bom Informasi Tanpa Saring Fakta

Di Balikpapan, cuaca diprediksi relatif tenang dengan kondisi berawan sepanjang hari. Pagi hari akan dimulai dengan langit yang berawan, dilanjutkan cerah berawan pada siang hari, kembali berawan pada malam hari, dan cerah berawan pada dini hari. Suhu di Balikpapan diperkirakan berkisar antara 25 hingga 29 derajat Celsius dengan kelembapan antara 70 hingga 90 persen.

Bontang akan menghadapi cuaca cerah berawan pada pagi hari, diikuti oleh hujan ringan di siang hari. Malam hari akan kembali cerah berawan, begitu juga dengan dini hari. Suhu di Bontang diperkirakan berkisar antara 24 hingga 30 derajat Celsius dengan kelembapan 70 hingga 90 persen.

Penajam juga diperkirakan berawan pada pagi hari, cerah berawan saat siang, dan kembali cerah berawan pada malam dan dini hari. Suhu akan berada di kisaran 23 hingga 30 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan yang sama, yaitu antara 70 hingga 90 persen.

BACA JUGA: Jokowi Tunda ‘Ngantor’ di IKN, Alimuddin: Itukan Bahasa Koran

Sendawar akan memiliki kondisi cerah berawan pada pagi dan siang hari, berawan pada malam dan dini hari. Suhu diperkirakan antara 23 hingga 31 derajat Celsius dengan kelembapan bervariasi antara 55 hingga 100 persen.

Sengata juga akan menghadapi cuaca cerah berawan di pagi hari, namun akan ada hujan ringan di siang dan malam hari. Pada dini hari, cuaca akan berawan. Suhu di Sengata diperkirakan berkisar antara 23 hingga 29 derajat Celsius dengan kelembapan 70 hingga 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: