Pemkab Kukar Adakan Lomba MTQ Antar OPD

Pemkab Kukar Adakan Lomba MTQ Antar OPD

Peserta MTQ antar OPD di Kukar.-istimewa-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Lantunan ayat suci Alquran menandai dibukanya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, yang berlangsung di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, pada Jumat (12/7/2024).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ini berlangsung selama 3 hari. Sejak Jumat (12/7/2024) sampai Minggu (14/7/2024).

MTQ antar OPD yang pertama kali diadakan ini, diikuti oleh 245 peserta. Termasuk 43 Kepala OPD, dan terdiri dari 3 kategori lomba, yakni Kategori Pemula Iqro 1-6, Kategori Pemula Tartil, dan Kategori Mahir Tilawah.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas SDM, Dishut Kaltim Gelar Forum Konsultasi Publik

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Dendy Irwan Fahriza, menyampaikan kegiatan ini merupakan implementasi dari Gerakan Etam Mengaji (GEMA) dan Direspon oleh ketua Dewan Korpri

“Lomba MTQ ini adalah implementasi dari Perda Nomor 4 tahun 2021, tentang pedoman GEMA yang memang difokuskan terlebih dahulu untuk kalangan ASN. Ini direspon oleh ketua Dewan Pengurus Korpri dengan diterbitkannya surat edaran tentang MTQ internal dan MTQ antar OPD,” jelas Dendy, Jumat 12/7/2024).

Dendy menambahkan bahwasanya lomba MTQ ini berjenjang, dan pemenang dari lomba akan mewakili Kukar di MTQ Korpri tingkat Provinsi mendatang.

BACA JUGA:Dandim Kukar Gandeng Media Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

“Untuk lomba MTQ ini berjenjang. Hasil MTQ yang sudah diselenggarakan internal OPD, lanjut mengikuti MTQ antar OPD, dan hasil MTQ antar OPD nantinya akan mewakili Kukar di MTQ Korpri Tingkat Provinsi,” Tambahnya.

Ada 6 juara di setiap kategori serta juara umum, untuk OPD yang mendapat juara umum akan mendapat penambahan pagu anggaran.

“Juara setiap kategori ada terbaik 1, 2, dan 3, harapan 1, 2, dan 3. Bagi OPD yang banyak memperoleh juara di setiap kategori akan ditetapkan sebagai juara umum, dan mendapatkan piala bergilir serta penambahan pagu anggaran sebesar 50 Juta Rupiah di tahun yang akan datang,” tuturnya.

Selain menjadi barometer dan tonggak sejarah. Dendy juga berharap dengan adanya MTQ tingak OPD ini, ASN bisa menjadi role model bagi masyarakat.

BACA JUGA:Kebakaran Terjadi di Loa Ipuh, 4 KK Kehilangan Tempat Tinggal

“Harapannya lomba MTQ antar OPD ini menjadi barometer dan tonggak sejarah kita mengawali untuk MTQ antar OPD pertama ini. Mudah-mudahan lebih meriah di tahun selanjutnya sehingga ASN menjadi role model masyarakat tentang pedoman GEMA,” Pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: