26 Desa di Paser Dapat Layanan Internet Gratis, Tapi Khusus yang Punya Jaringan Listrik

26 Desa di Paser Dapat Layanan Internet Gratis, Tapi Khusus yang Punya Jaringan Listrik

Ilustrasi tower internet.-kemenkominfo-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Sebanyak 26 desa dari 6 kecamatan di Paser mendapat layanan internet gratis. Masing-masing di Kecamatan Batu Engau, Long Ikis, Long Kali, Muara Komam, Muara Samu, Pasir Belengkong.

Kepala Bidang (Kabid) Teknologi, Komunikasi dan Informatika (TKI) Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Siti Marnitasari, mengatakan, layanan internet desa diperuntukkan bagi kawasan sinyal lemah.

"Layanan internet desa ini dikarenakan banyak desa atau kantor desa yang jaringannya cukup lemah," kata Siti, Kamis (11/7/2024).

BACA JUGA:Pemerintah Akan Batasi BBM Subsidi Mulai 17 Agustus, Begini Kata Pertamina

Fasilitas jaringan internet desa ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Paser 2024. Nilainya keseluruhan yang digelontorkan mencapai Rp 1,7 miliar.

Fasilitas internet itu terpasang di masing-masing kantor desa. Bekerja sama dengan salah satu provider telekomunikasi. Dirinya menegaskan, jika di Paser tidak ada blankspot, melainkan cuma sinyal lemah. Setalah pemasangan di kantor desa, diharapkan warga sekitar bisa memanfaatkan. 

Pemasangan jaringan internet desa sendiri hanya menyasar yang telah terpasang tiang listrik. Sementara, bagi daerah yang belum diharapkan bersabar dulu. 

"Rencana tahun depan ada lagi dengan nilai yang sama, dianggarkan Rp 1,7 miliar untuk 26 desa," pungkas Siti.

BACA JUGA:Tahun Ini Konsumsi Ikan Masyarakat Paser Ditargetkan Mencapai 65,65 Kilogram Per Kapita

Pemasangan jaringan internet desa ini untuk mewujudkan desa yang cerdas dan mandiri, sebagaimana tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Adanya internet desa ini bertujuan membantu daerah pedesaan menjadi lebih terhubung dengan dengan dunia luar melalui teknologi.

Daftar 26 Desa di Paser yang mendapat layanan internet:

Kecamatan Batu Engau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: