Kebakaran di Loa Janan Ilir, 83 Unit Bangsalan Rata Jadi Abu

Kebakaran di Loa Janan Ilir, 83 Unit Bangsalan Rata Jadi Abu

Asap masih membumbung di lokasi kebakaran yang berlangsung di Loa Janan Ilir, Kota Samarinda pada Rabu dini hari, 10 Juli 2024.-(Foto/Dok.Relawan)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Warga Jalan Cipto Mangunkusumo, Gang Harapan RT 20, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, Samarinda dikejutkan oleh kobaran api besar pada Rabu, 10 Juli 2024, dini hari sekitar pukul 04.50 WITA. 

Dalam peristiwa ini, sedikitnya 83 unit bangsalan di area seluas 30x50 meter persegi rata jadi abu. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Samarinda dan para relawan turun ke lapangan untuk melakukan pemadaman.

BACA JUGA: Dua Rumah Tertimbun Longsor Akibat Hujan Deras yang Mengguyur Kota Balikpapan

Bahkan Disdamkarmatan Kutai Kartanegara, unit Loa Duri juga turut membantu proses pemadaman api yang sangat besar.

“Hingga kurang lebih satu setengah jam kemudian, tepatnya pada pukul 06.20 Wita, api akhirnya bisa dipadamkan,” kata Kadisdamkarmat Kota Samarinda, Hendra pada Rabu (10/7/2024).

Lebih lanjut, menurut pihak Disdamkarmat Kota Samarinda, salah satu penyebab api cepat membesar dan menyebar karena insiden ini berlangsung di kawasan padat penduduk. 

BACA JUGA: Berantas Jukir Liar, Seluruh Mal di Samarinda Kini Terapkan Parkir Non Tunai

Terlebih lagi dalam upaya pemadaman, petugas terkendala dengan akses jalan yang sempit dan minimnya sumber air di kawasan tersebut.

Data sementara yang dilansir oleh Disdamkarmat Kota Samarinda, ada 83 Kepala Keluarga (KK) dengan total 332 jiwa yang harus mengungsi ke tenda darurat selama beberapa hari ke depan. Sebab, rumah tinggal mereka ludes menjadi abu usai dilahap si jago merah.


Si jago merah mengamuk di kawasan padat penduduk di Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda pada Rabu (10/7/2024).-(Foto/Dok.Relawan)-

BACA JUGA: Pemkot Samarinda Bongkar Puluhan Rumah di Kawasan Gang Senggol

“Beruntung dalam kejadian ini, tidak ada korban luka ataupun korban jiwa,” tutur Hendra.

Ketika ditanya terkait penyebab kebakaran, Disdamkarmat Kota Samarinda menyatakan masih menunggu penyelidikan pihak kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: