Pemkot Samarinda Bongkar Puluhan Rumah di Kawasan Gang Senggol

Pemkot Samarinda Bongkar Puluhan Rumah di Kawasan Gang Senggol

Pembongkaran kawasan pemukiman bantaran sungai karang mumus-Disway/Ari-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Kawasan permukiman bantaran Sungai Karang Mumus yang terletak di Gang Senggol Jalan Agus Salim, Kota Samarinda resmi ditertibkan.

Hal tersebut dilakukan sebagai rangkaian dari rencana pengedalian banjir di Kota Tepian.

Pada hari Selasa 09 Juli 2024 Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berserta tim gabungan melakukan penertiban kawasan permukiman di bantaran Sungai Karang Mumus, Gang Senggol.

Dalam penertiban ini terdapat 99 rumah yang dibongkar oleh Pemkot Samarinda. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) pertanahan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat (PUPR), Kota Samarinda, Ananta Diro Nurba pada saat pembongkaran berlangsung.

Menurutnya, sebanyak 99 rumah yang dibongkar dengan 17 rumah yang telah diberikan kompnesasi ganti rugi dan 82 diberikan santunan. 

“82 rumah yang kami berikan kompensasi santunan adalah rumah yang tidak memilik surat-suratnya sama sekali,” ucapnya, pada Selasa 09 juli 2024.

BACA JUGA : Gara-Gara Cuaca Buruk, Penumpang Bandara APT Pranoto Terkatung-Katung

Ananta juga menyebutkan 17 rumah yang diberikan kompensasi ganti rugi adalah rumah yang lengkap surat-suratnya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Samarinda, Andi Harun, penertiban kawasan bantaran Sungai Karang Mumus berupa pembongkaran pemukiman warga adalah salah satu rangakain dari program utama Pemkot Samarinda, yaitu pengendalian banjir yang ada di Ibukota Provinsi Kaltim ini.

“Rencana ini sekaligus masuk dalam master plan program normalisasi banjir,” tegasnya.

Selain program pengendalian banjir dan normalisasi Sungai akibat dari sedimentasi tanah yang selama ini terjadi di Sungai Karang Mumus, program penertiban kawasan bantaran sungai ini juga sejalan dengan aspirasi masyarakat bergerak lingkungan untuk menjaga ekosistem dan biota- biota Sungai.

BACA JUGA : Akibat Cuaca Buruk, Lagi-Lagi Penerbangan Tujuan Samarinda Dialihkan ke Balikpapan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: