Ramalan Cuaca Kaltim, 6 Juli 2024, Cek di Sini!

Ramalan Cuaca Kaltim, 6 Juli 2024, Cek di Sini!

Ilustrasi - Cuaca Kalimantan Timur diramalkan diwarnai hujan pada Sabtu, 6 Juli 2024. -(AI/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca sebagian besar wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) diguyur hujan, pada Sabtu, 6 Juli 2024.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir di sejumlah kawasan. 

"Peringatan Dini! Waspada potensi terjadi Hujan Lebat dapat disertai Kilat/Petir pada pagi hari di wilayah Maratua, dan Bentian Besar," tulis BMKG dalam rilis resminya, Sabtu (6/7/2024). 

BACA JUGA: Rute Penerbangan Yogyakarta-Berau Dibuka Agustus Mendatang

Peringatan waspada hujan lebat disertai petir pada siang hari berlaku untuk kawasan Kelay, Long Bagun dan Muara Komam. Sedangkan malam hari untuk kawasan Long Bagun, Laham, Tabang, Damai, Melak, Muara Pahu, Long Apari, Sendawar, Muara Ancalong, Sandaran, Muara Jawa, Kaliorang dan Loa Janan Ilir.  

Masyarakat di daerah tersebut disarankan untuk berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

Adapun cuaca Ibu Kota Kaltim, yakni Kota Samarinda diramalkan diguyur hujan ringan pada siang hari. Pada pagi hari cuaca Samarinda berawan, kemudian cerah berawan pada malam hari. Suhu di Kota Samarinda akan berkisar antara 23 hingga 30 derajat Celsius dengan kelembapan 70 hingga 100 persen.

BACA JUGA: Mahulu Gelar Tiga Event Besar, Salah Satunya Hudoq Pekayang

Untuk Balikpapan, prakiraan cuaca hujan diprediksi berlangsung pada dini hari. Suhu berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celsius dan kelembapan antara 80 hingga 100 persen. 

Bontang diperkirakan akan mengalami hujan ringan pada siang dan dini hari. Suhu di Bontang akan berkisar antara 24 hingga 28 derajat Celsius dengan kelembapan 80 hingga 100 persen.

Sedangkan cuaca ibu kota kabupaten di Kaltim diramalkan menghadapi kondisi cuaca yang beragam, dengan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah. 

Ringkasan ramalan cuaca Kaltim hari ini silakan simak pada daftar berikut ini.

BACA JUGA: Layanan Poli Jiwa RSUD Panglima Sebaya Segera Difungsikan

Kawasan berstatus waspada hujan deras dengan kilat/petir:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: