Ada 61 Kamera CCTV di Balikpapan, Semuanya Masih Berfungsi

Ada 61 Kamera CCTV di Balikpapan, Semuanya Masih Berfungsi

(Ilustrasi)

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Lain halnya di Balikpapan, kamera CCTV di jalanan berjumlah 61 unit. Tersebar di APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) dan beberapa ruas jalan lainnya yang semuanya masih berfungsi dengan baik. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan Sudirman Djayaleksana saat dikonfirmasi DiswayKaltim.com, Jumat (12/7/2019) mengatakan, dari jumlah 61 tersebut, 10 di antaranya milik pemerintah provinsi yang tersambung ke Dishub Balikpapan.

"Total CCTV ada 51. Itu punya pemerintah kota melalui Dishub. Kemudian ada CCTV milik pemerintah provinsi yang tersambung ke kita. Jadi total semua CCTV di jalanan Balikpapan adalah 61," katanya.

Kamera CCTV yang ada tersebut tersebar di seluruh APILL. Beberapa juga terpasang di ruas jalanan. Semuanya untuk memantau arus lalu lintas kota.

"Tersebar di APILL, ya di simpang 3, simpang 4 yang ada di Balikpapan. Kemudian di simpang-simpang itu, ada lebih dari satu kamera CCTV. Ada juga di ruas jalan. Seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MT Haryono. Daerah-daerah yang rawan kecelakaan kita pasang. Biar biasa memantau," ungkapnya.

Selain terhubung ke Dishub Balikpapan, kamera CCTV yang tersebar itu juga terkoneksi ke Polres Balikpapan.

“Kamera berfungsi untuk mengamati, merekam. Rekaman bisa berfungsi untuk mengetahui asal muasal kejadian kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Menurut Sudirman, seluruh kamera CCTV yang tersebar di APILL dan beberapa ruas jalan berfungsi dengan baik. Kamera aktif dan merekam suasana arus lalin di sekitar APILL maupun beberapa ruas jalan tersebut.

"Semuanya berfungsi," imbuhnya. (sah/dah) Baca Juga : Dari 25 CCTV Hanya 10 yang Bisa Merekam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: