Heboh PDN Dijebol Hacker Belum Berakhir, Kini Data BAIS dan INAFIS Dikabarkan Dijual di Dark Web

Heboh PDN Dijebol Hacker Belum Berakhir, Kini Data BAIS dan INAFIS Dikabarkan Dijual di Dark Web

Tangkapan layar postingan yang menyatakan bahwa data Badan Intelijen Strategis (BAIS) dijual di dark web. -(Tangkapan layar/X@FalconFeedsio)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kabar serangan siber yang menargetkan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) belum reda, kini muncul lagi berita mengejutkan. 

Data milik Indonesia Automatic Finger Identification System (INAFIS) Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Badan Intelijen Strategis (BAIS) dikabarkan dijual oleh hacker di dark web

Pemerintah melalui Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letjen TNI Hinsa Siburian, segera memberikan klarifikasi terkait isu ini.

BACA JUGA: Revisi Amdal Terowongan Dikritik, Andi Harun Sebut Tidak Penting Dipersoalkan

Letjen TNI Hinsa Siburian menjelaskan bahwa data INAFIS yang dikabarkan dijual adalah data lama yang tidak terbarui. 

"Ini sudah kami konfirmasi dengan kepolisian, bahwa itu adalah data-data lama mereka yang diperjualbelikan di dark web itu," ujarnya dikutip dari Antara, Selasa (25/6/2024).

Hinsa menambahkan bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan POLRI untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai dugaan kebocoran data ini. 

BACA JUGA: Antisipasi Judi Online di Kalangan Polisi, Polresta Balikpapan Sidak Ponsel Anggota

Meskipun demikian, Hinsa memastikan bahwa sistem POLRI saat ini beroperasi dengan baik dan tidak mengalami gangguan signifikan.

Hinsa juga memastikan bahwa dugaan kebocoran data INAFIS tidak terkait dengan serangan siber yang menimpa PDNS. 

"Kami yakinkan bahwa sistem mereka berjalan dengan baik," tegasnya. Hal ini menegaskan bahwa meskipun ada beberapa insiden keamanan data yang terjadi, masing-masing kasus adalah independen dan tidak saling terkait.

Informasi mengenai dugaan kebocoran data INAFIS pertama kali mencuat di platform media sosial X. Akun @FalconFeedsio melaporkan bahwa data INAFIS dijual oleh seorang peretas bernama MoonzHaxor di situs dark web BreachForums. 

BACA JUGA: Tuntaskan Banjir, Pemkot Samarinda Bebaskan Lahan di Sepanjang Jalan Ruhui Rahayu-Gelatik

Peretasan ini diklaim mengandung data-data sensitif seperti gambar sidik jari, alamat email, dan aplikasi SpringBoot dengan beberapa konfigurasi. Data tersebut dijual seharga 1000 dolar AS (sekitar Rp16,3 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: