Indeks Pembangunan Manusia di Berau Tertinggi Se-Kalimantan

Indeks Pembangunan Manusia di Berau Tertinggi Se-Kalimantan

Kota Tanjung Redeb, Kabupaten Berau-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat mencatat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah Kabupaten Berau mencapai 76,71 persen. Angka ini merupakan yang tertinggi di seluruh kabupaten di Pulau Kalimantan.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala BPS Berau, Supriyanto membenarkan hal tersebut.

Dikatakannya, Berau menjadi daerah tingkat II di level pemerintahan kabupaten dengan Sumber Daya Manusia (SDM) paling maju di seluruh daratan Kalimantan atau tanah Borneo.

Ia mengungkapkan, angka tersebut terpaut selisih dari catatan BPS Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun yang sama yang mencatatkan IPM di Berau berada pada poin 76,21 persen.

BACA JUGA : Miris, Anak di Bawah 10 Tahun hingga Anggota TNI/Polri Terdeteksi Main Judi Online

"Angka tersebut mengungguli skor di level nasional dengan nilai standar, 74,39 persen. Berau surplus poin 1,32 persen," ungkap Supriyanto, Kamis (20/6/2024).

Dari catatan tersebut, Berau mengungguli 9 kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tabalong, Kutai Timur (Kutim), Kota Waringin Barat, Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara (PPU), Barito Timur, Banjar, dan Malinau.

Menanggapi hal itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengatakan, raihan prestasi Berau saat ini tidak lepas dari peran besar para aparat pemerintahan dan legislator daerah yang bahu-membahu dalam memajukan Bumi Batiwakkal.

“Prestasi Ini harus terus ditingkatkan. Agar menjadi titik balik Berau untuk bisa lebih meningkat lagi ke depan” kata Bupati.

Menurutnya, kerja keras tersebut tidak lepas dari program prioritas pemerintah di sektor pendidikan.

BACA JUGA : Pemkab Berau Terus Tingkatkan Fasilitas Pariwisata di Pulau Kakaban

Dimana pemerintah daerah telah menggelontorkan program beasiswa, sekolah gratis, laptop gratis bagi para guru serta meningkatkan status pegawai para guru honorer.

"Program itu untuk meningkatkan motivasi kerja para guru dalam memberikan proses pendidikan terbaik kepada peserta didik di bangku sekolah," tuturnya.

Bupati berharap, para guru dapat terus meningkatkan kualitas mengajar di sekolah dengan mengedepankan konsep merdeka belajar yang telah ditetapkan dalam program pendidikan secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: