Kampung Long Tuyoq Surga Tersembunyi, Kini Berusia 120 Tahun

Kampung Long Tuyoq Surga Tersembunyi, Kini Berusia 120 Tahun

Prosesi pembukaan ulang tahun ke-120 Kampung Long Tuyoq yang dilakukan oleh Pemerintah Kampung Long Tuyoq bersama masyarakat adat setempat.-(Disway Kaltim/ Iswanto)-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Kampung Long Tuyoq merupakan satu dari 50 kampung di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kampung yang terletak di Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahulu ini memiliki daya tarik tersendiri. Sebab di kampung ini memiliki banyak potensi wisata budaya dan alam yang melimpah. Sehingga tak heran jika kampung ini sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisatawan yang berkunjung ke kampung ini tidak hanya untuk berwisata, tapi juga berpetualang dan melakukan penelitian, terutama tentang kekhasan budaya setempat.

"Banyak orang luar negeri datang ke sini, ada yang datang mancing ikan. Kemudian ada juga yang melakukan penelitian tentang budaya," ungkap petinggi kampung Long Tuyoq, Alexander Ajang Blawing kepada Nomorsatukaltim, Sabtu (15/6/2024).

BACA JUGA: Inilah Destinasi Wisata di Mahulu yang Wajib Anda Kunjungi! Warga IKN Harus Tahu!

Beberapa wisatawan yang telah mengunjungi kampung ini mengatakan, Kampung Long Tuyoq adalah hidden paradise. Yakni surga tersembunyi bagi orang-orang yang mencari ketenangan di tengah hutan belantara. Sebab, kampung ini bersembunyi di bawah tajuk-tajuk pepohonan yang perkasa.

Long Tuyoq ini terletak di pinggir Hulu Sungai Mahakam. Hutan rimba mengelilingi kampung ini. Sehingga saat berada di kampung ini, pengunjung bisa menikmati kesejukan udara yang alami. 

Mendatangi kampung ini dipastikan betah, sebab warga setempat selalu ramah kepada setiap pengunjung yang datang.

BACA JUGA: Disparpora Mahulu Butuh Dukungan dari Semua Pihak untuk Mengelola Potensi Wisata


Pemerintah Kampung Long Tuyoq dan masyarakat adat saat melaksanakan syukuran ulang tahun ke-120 kampung tersebut.-(Disway Kaltim/ Iswanto)-

Akses Menuju Kampung Long Tuyoq

Untuk mengunjungi Kampung Long Tuyoq, wisatawan bisa melakukan perjalanan udara dari Samarinda melalui Bandara APT Pranoto dan mendarat di Bandara Datah Dawai. Lokasi bandara tersebut masih satu kecamatan dengan Kampung Long Tuyoq. Setelah turun dari pesawat, Kemudian melanjutkan perjalanan dengan ketinting menuju hilir Sungai Mahakam atau menuju ke Kampung Long Tuyoq.

Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan kapal motor dari Samarinda melalui Pelabuhan Sungai Kunjang menuju Ujoh Bilang (Ibu Kota Mahulu). Selanjutnya, dari Ujoh Bilang menggunakan speed boat menuju Long Tuyoq.

BACA JUGA: Dispar Kaltim Siapkan Buku saku Profil Desa Wisata Sekitar IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: