Seekor Kerbau Lepas dan Seruduk Pengendara Motor di Balikpapan, Polisi Tingkatkan Pengawasan

Seekor Kerbau Lepas dan Seruduk Pengendara Motor di Balikpapan, Polisi Tingkatkan Pengawasan

Tangkapan layar saat seekor kerbau lepas di ruas Jalan Ahmad Yani, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Senin (10/6/2024).-(Ist/Nomorsatukaltim)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Sebuah video yang beredar menunjukkan seekor kerbau yang lepas di kawasan Jalan Ahmad Yani, Balikpapan Tengah, pada Senin (10/6/2024). 

Dalam rekaman berdurasi lebih dari dua menit tersebut, kerbau tersebut juga terlihat menyeruduk pengendara sepeda motor.

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh Nomorsatukaltim, kerbau tersebut melarikan diri dari area Klandasan Ilir. Hewan itu kemudian berlari menuju Tugu Adi Pura di Karang Jati, Balikpapan Tengah.

BACA JUGA: Berkat CCTV, Aksi Pencurian Rumah Kosong di Balikpapan Terungkap

Menurut pengakuan salah seorang saksi mata, Abdul Kadir, pengendara mencoba menghindari kerbau yang lepas itu. 

Namun, sebelum mencapai kawasan Simpang Tugu Adi Pura, seorang pengendara motor yang sedang berboncengan diseruduk oleh kerbau tersebut hingga terjatuh.

"Alhamdulillah, saat ini kerbau sudah berhasil diamankan oleh pemiliknya dan telah disembelih untuk acara memperingati meninggalnya salah satu warga di Klandasan Ilir," ujar Abdul Kadir pada Senin (10/6/2024).

BACA JUGA: Wali Kota Samarinda Setujui Kartu Subsidi Pembelian Gas LPG 3 Kg

Warga lain, Sairi menyatakan bahwa kerbau tersebut lepas sejak pukul 08.00 Wita pada Senin pagi. Beberapa warga sempat diseruduk oleh kerbau tersebut.

"Tadi sudah dibawa dengan pikap oleh pemiliknya. Ada beberapa korban yang sudah dibawa ke rumah sakit," katanya.

Menanggapi insiden hewan lepas, terutama menjelang perayaan Idul Adha, Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun memastikan bahwa Polresta Balikpapan telah mengerahkan personel Babinkamtibmas di setiap kelurahan untuk meningkatkan patroli dan pengawasan terhadap lokasi penjualan hewan kurban.

BACA JUGA: Borneo FC Serius Kembangkan Bibit Pemain Muda, Satu Talenta Sudah Terbukti

Langkah ini diambil tidak hanya untuk mengawasi hewan kurban yang lepas tetapi juga untuk mencegah tindakan kriminal seperti pencurian dan penyebaran penyakit.

"Fenomena hewan kurban lepas ini sering terjadi. Ini bukan kesengajaan, tetapi karena naluri hewan yang tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, kami selalu mengantisipasi dan bekerja sama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat," ujar Ipda Sangidun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: