OPD Diminta Optimalkan Sumber Daya, Sekda: Ciptakan Sinergi yang Kuat

OPD Diminta Optimalkan Sumber Daya, Sekda: Ciptakan Sinergi yang Kuat

Sekda Kukar, H Sunggono.-ist-diskominfo kukar


--

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memaksimalkan penggunaan sumber daya, dalam rangka pembangunan yang efektif dan efisien.

Sunggono menekankan pentingnya kolaborasi antar-stakeholders dalam pengendalian dan evaluasi pembangunan.

“Kita harus mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk menciptakan sinergi yang kuat, baik di dalam maupun di luar organisasi,” kata Sunggono.

Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan kerja baru, memperluas akses layanan publik, dan meningkatkan daya saing daerah. Sunggono mengingatkan para Kepala Perangkat Daerah agar menerjemahkan tujuan strategis ini menjadi aksi nyata.

Rencana Strategis Perangkat Daerah 2021-2026, yang tertuang dalam Peraturan Bupati Kukar No.13/2021, dijadikan acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahunan. Forum RKPD diadakan sebagai platform diskusi rencana kerja untuk tahun 2025, dengan dukungan analisis dari berbagai OPD.

“Keberhasilan forum ini sangat bergantung pada kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kita,” kata Sunggono.

Sunggono juga menyoroti pentingnya pendekatan kewilayahan dalam perencanaan pembangunan, seraya mengharapkan partisipasi aktif dari Camat, Lurah, dan Kepala Desa dalam memberikan masukan yang konstruktif untuk mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan.

“Pelaksanaan pembangunan harus efektif dan sesuai dengan target serta tujuan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: