Joni Minta Gencarkan Sosialisasi Beasiswa di Kawasan Terpencil

Joni Minta Gencarkan Sosialisasi Beasiswa di Kawasan Terpencil

Ketua DPRD Kutim, Joni. --


KUTIM, NOMORSATUKALTIM – Selain fasilitas sekolah, siswa di kawasan terpencil Kutai Timur juga belum maksimal mendapatkan beasiswa dari pemerintah.

Hal ini menjadi perhatian serius Ketua DPRD Kutim, Joni. Politisi PPP itu mengkritik Dinas Pendidikan yang dinilai masih kurang melakukan sosialisasi beasiswa kepada siswa di kawasan pedalaman.

Joni menyampaikan keprihatinannya mengenai kurangnya informasi tentang program beasiswa yang mencapai siswa-siswa di pedalaman.

"Sosialisasinya harusnya dilakukan lebih rutin, karena yang di pedalaman tidak akan mengetahui bahwa ada beasiswa jika sosialisasi tidak rutin dilaksanakan. Kecuali mereka yang ada di pedalaman membaca di media sosial, maka mereka tidak akan tahu mengenai beasiswa tersebut, apalagi jika mereka tidak ada akses internet," ujar Joni, Senin (3/6/2024).

Ketua dewan menekankan pentingnya sosialisasi yang lebih intensif agar program beasiswa bisa mencapai seluruh lapisan masyarakat. Terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil. "Jadi, dinas terkait harus lebih rutin melakukan sosialisasi menurut saya," tambahnya.

Selain itu, ia berharap agar jumlah penerima beasiswa bisa ditingkatkan pada tahun mendatang. "Kita juga berharap tahun depan bisa ditambah lagi penerimanya, sehingga mereka tidak pusing lagi mengenai biaya pendidikan dan bisa fokus dalam belajar," jelasnya.

Menurutnya, pendidikan adalah kunci untuk kemajuan Kutai Timur, dan perhatian terhadap generasi muda merupakan hal yang sangat penting.

"Yang jelas itu ranahnya Dinas Pendidikan yang lebih paham. Kita dukung untuk kemajuan Kutim, karena mereka itu penerus generasi. Kalau dari sekarang tidak kita rawat, maka tidak ada penerus kita nanti," tuturnya.

DPRD Kutim akan berupaya meningkatkan alokasi anggaran untuk program beasiswa jika memungkinkan. "Kita bersyukur kalau bisa kita tambah lagi kalau anggaran kita memenuhi," katanya.

Selain itu, Joni menekankan pentingnya kerjasama antara DPRD dan Dinas Pendidikan untuk memastikan program beasiswa berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

"Kerja sama ini penting agar program beasiswa bisa berjalan dengan baik dan tepat sasaran," imbuhnya.

Dengan sosialisasi yang lebih intensif dan peningkatan jumlah penerima beasiswa, Joni berharap pendidikan di Kutai Timur bisa lebih maju dan merata, terutama di daerah pedalaman yang selama ini kurang terjangkau. (*/adv/one)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: