Presiden Joko Widodo Melakukan Groundbreaking PLN HUB di IKN, EBT jadi Modal Energi Utama

Presiden Joko Widodo Melakukan Groundbreaking PLN HUB di IKN, EBT jadi Modal Energi Utama

Jokowi Melaksanakan Groundbreaking PLN HUB di IKN, pada Rabu (5/6/2024). (Disway/ Chandra)--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - PT PLN (Persero) memulai pembangunan PLN HUB, sebagai sebuah smart electricity telecommunication dan digital center di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Groundbreaking dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (5/6/2024).

Proyek ini bertujuan untuk mendukung visi IKN sebagai kota modern, futuristik, dan ramah lingkungan, serta menjadi pusat kolaborasi energi terbaik di masa depan.

Direktur Utama (Dirut) PT PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan bahwa PLN HUB bukan hanya untuk PLN saja, tetapi untuk ekosistem kelistrikan yang sangat besar. 

BACA JUGA : Ditanya Soal Pengunduran Diri Kepala OIKN, Jokowi: Tanyakan ke Pak Bambang

Dalam sambutannya, dirinya mengatakan bahwa sudah berkomunikasi dengan mitra dan jejaring bisnis PLN, di berbagai perusahaan internasional, jika ingin bekerjasama dengan PLN agar bersedia berkantor di IKN.

“Kami juga memastikan Bulan Agustus nanti memang betul dari EBT (Energi Baru Terbarukan),” ujar Darmawan.

Ia juga mengungkapkan, bahwa PLN telah mempersiapkan hydro power di sekitar IKN, dimana sampai 20 tahun mendatang listrik yang dihasilkan tetap bersumber dari EBT.

PLN Hub diharapkan akan menjadi pusat berbagai kegiatan, termasuk kantor pusat PLN, pusat telekomunikasi, data center, dan pusat pendidikan dan pelatihan. 

BACA JUGA : Pangkas Jejak Karbon! Selamatkan Bumi dengan Membeli Produk Lokal

Proyek ini juga akan mengintegrasikan infrastruktur energi terbarukan, seperti panel surya dan hydropower, untuk memastikan pasokan listrik 100% dari energi hijau.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya energi hijau bagi masa depan Indonesia. 

"Setiap ada investor, ingin berinvestasi yang masuk ke Indonesia, selalu yang ditanyakan energi hijaunya ada apa tidak. Kekuatan dan potensi energi kita sangat besar, untuk energi hijaunya" ujar Joko Widodo.

Presiden juga mengapresiasi langkah PLN dalam membangun PLN HUB dan berharap proyek ini dapat menjadi contoh bagi pengembangan energi hijau di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: