Perda Ketertiban Umum Harus Menyesuaikan dengan Dinamika Masyarakat

Perda Ketertiban Umum Harus Menyesuaikan dengan Dinamika Masyarakat

Yan SPd dari Fraksi KIR DPRD Kutim (kanan) setelah membacakan pandangan umum terkait Perda Ketertiba Umum.-ist-oke


--
KUTIM, NOMORSATUKALTIM– Wakil Ketua Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) DPRD Kutai Timur, Yan SPd, membacakan pandangan umum mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Ketertiban Umum dalam sidang paripurna yang digelar Selasa 14 Mei 2024.

Penjelasan tersebut ia bacakan dihadapan Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua l Asti Mazar Bulang, Wakil Ketua ll Arfan, Unsur Forkopimda beserta tamu undangan lainnya di Ruang Sidang Utama DPRD Kutim.  

Dalam penjelasannya, Yan mengatakan bahwa upaya mewujudkan ketertiban umum, ketenteraman, serta perlindungan masyarakat harus dilakukan berlandaskan pada perundang-undangan yang berlaku.

"Dalam perkembangan dan perubahan sosial masyarakat serta perkembangan regulasi, maka Peraturan Daerah Kabupaten Kutim No. 3 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dirasa perlu untuk menyesuaikan dengan dinamika masyarakat," ungkapnya.

Yan menekankan pentingnya memperbarui peraturan tersebut agar menjadi acuan dan memberikan payung hukum dalam melaksanakan tugas dan fungsi terkait ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat.

Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya berharap, setelah melalui pembahasan intensif dan Perda tersebut ditetapkan, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat dapat dilakukan melalui upaya pembinaan, pengawasan, dan penyuluhan, serta tindakan penegasan pengendalian.

"Secara berdayaguna dan berhasilguna, dengan memperhatikan ketertiban umum, ketenteraman, serta perlindungan masyarakat dengan meningkatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait secara vertikal dan horizontal," terangnya. (*/oke)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: