39 Anggota Panwascam Kabupaten Berau Resmi Dilantik

39 Anggota Panwascam Kabupaten Berau Resmi Dilantik

Pelantikan anggota Panwascam Kabupaten Berau-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Berau melantik sekaligus melakukan pengambilan sumpah anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Berau di Ballroom Bumi Segah Hotel, pada Jumat (24/5/2024).

"Sebanyak 39 anggota panwaslu untuk 13 kecamatan dilantik dan dilakukan pengambilan sumpah," ujar Ketua Bawaslu Berau, Ira Kencana.

Disampaikannya, pada tahapan perekrutan anggota panwaslu kecamatan, pihaknya menggunakan dua metode, yakni metode evaluasi eksisting dan portofolio. 

"Metode evaluasi eksisting yaitu, teman-teman pengawas kami di 13 kecamatan yang kemarin bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kemarin harus dievaluasi. Setelah dievaluasi barulah Bawaslu berau mendapatkan izin untuk merekrut pendaftar baru," ungkapnya.

BACA JUGA : 18 Anggota Panwascam Balikpapan Dilantik, Ketua Ditentukan Melalui Pleno

Dirinya menyebut, pada 13 kecamatan di Kabupaten Berau, hanya terdapat 4 kecamatan yang eksistingnya masih bertahan tiga orang.

"Selain itu, hampir semua dinyatakn belum layak kembali menjadi Panwascam. Evaluasi yang kami lakukan tadi terkait dengan netralitas, integritas, kemampuan bekerjasama dan loyalitas kepada lembaga," bebernya.

Selain itu, terdapat beberapa anggota panwaslu di 13 kecamatan yang tereliminasi dikarenakan tidak netral dan berintegritas.

Hal itu didapatkan dari aduan beberapa masyarakat. 

Kemudian, dirinya berharap kepada panwaslu kecamatan yang telah terlantik untuk menjaga integritas dan netralitas, serta tidak berafiliasi dengan partai politik manapun.

BACA JUGA : Tiga Bacagub Kaltim Dapat Surat Tugas dari DPP PAN, Ternyata Ini Penyebabnya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: