Persekutuan Dayak Kaltim Dukung Pembangunan IKN, Jaang: Kami Berkomitmen untuk Berpartisipasi Aktif

Persekutuan Dayak Kaltim Dukung Pembangunan IKN, Jaang: Kami Berkomitmen untuk Berpartisipasi Aktif

Budayawan sekaligus Ketua Umum Persekutuan Dayak Kaltim, Syahari Jaang, ketika dimintai keterangan media ini.-Chandra Izmi-nomorsatukaltim.disway.id

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM– Persekutuan Dayak Kalimantan Timur menyatakan dukungan penuh terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Persekutuan Dayak Kalimantan Timur, Syaharie Jaang. Mantan Walikota Samarinda dua periode itu menjelaskan pentingnya peran serta masyarakat Dayak dalam proyek nasional ini (IKN).

“Saya meyakini bahwa IKN bukan hanya untuk warga Kalimantan, melainkan merupakan proyek bersama seluruh bangsa Indonesia,” kata Jaang, Selasa (21/5/2024).

Pun Jaang menepis kekhawatiran akan marginalisasi masyarakat lokal, menurutnya justru IKN akan membuka banyak peluang ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat Kalimantan.

Baca Juga:

Starlink Berbahaya bagi Indonesia, Semua Rahasia Dapat Diakses Negara Lain

"Kami berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan IKN dan memastikan manfaatnya dirasakan oleh semua kalangan," tambahnya.

Jaang pun menekankan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) lokal merupakan kunci utama keberhasilan IKN.

Selanjutnya, upaya yang telah Ia lakukan kini yakni mendorong masyarakat Dayak, terutama generasi muda, untuk terus meningkatkan pendidikan dan keterampilan mereka agar dapat bersaing di era global.

"Generasi muda harus memiliki pendidikan dan keterampilan yang baik agar dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan IKN," tegasnya.

Baca Juga:

Diskusi Publik Polri di Balikpapan, Kerjasama Pemangku Kepentingan Dorong Percepatan Pembangunan IKN

Lebih lanjut, Jaang mengajak masyarakat Dayak terutama di Kalimantan Timur ini, untuk menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, aparat keamanan, dan pendatang.

“Harmonisasi dan persatuan adalah fondasi untuk menjadikan IKN sebagai kebanggaan seluruh bangsa Indonesia,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: