Didukung Maju Pilwali Samarinda 2024, Begini Respon Rusmadi Wongso

Didukung Maju Pilwali Samarinda 2024, Begini Respon Rusmadi Wongso

Rusmadi Wongso saat diwawancara wartawan dalam acara Halalbihalal IKAPAKARTI Kaltim (Iswanto/Disway).--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Rusmadi Wongso merespon terkait pernyataan sikap dari tujuh pilar Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kaltim yang mendukung dirinya untuk maju di Pemilihan Walikota (Pilwali) Samarinda 2024.

Kata Rusmadi, apa yang telah dilakukan oleh tujuh Pilar Ormas tersebut merupakan sesuatu yang baik, dan tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi seluruh tokoh masyarakat di Kaltim untuk mengusulkan figur-figur yang layak maju dalam Pilkada 2024.

"Saya kira apa yang dilakukan oleh MRKB (Majelis Rakyat Kaltim Berdaulat) itu adalah sesuatu yang baik. Artinya ini butuh perhatian dari tokoh masyarakat untuk memberikan pertimbangan terhadap siapa yang kemudian layak untuk memimpin daerah ini kedepan," ucap Rusmadi Wongso kepada NOMORSATUKALTIM saat acara Halalbihalal Ikapakarti di Gedung Taman Budaya Samarinda, Sabtu (11/5/2024).

BACA JUGA : Madri-Marhana Bersama Kembalikan Berkas Penjaringan Calon Bupati Berau ke Golkar

Rusmadi kemudian menegaskan bahwa, keberadaan Ormas seperti IKAPAKARTI (Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi) yang dipimpinnya tentu bukanlah organisasi politik, melainkan organisasi paguyuban yang menjunjung tinggi semangat kekeluargaan.

Paguyuban IKAPAKARTI, kata Rusmadi, bukan partai politik yang memiliki kewenangan untuk mendukung pasangan calon dalam Pilkada.

"Intinya bahwa, siapapun yang kemudian maju pasti akan mendapatkan spirit moral untuk melakukan yang terbaik bagi daerah. Jadi spiritnya adalah IKAPAKARTI bukan organisasi politik dan nggak berhak untuk kemudian mendukung (pasangan calon). Itu adalah ranah dari partai politik," tegas Ketua IKAPAKARTI Kaltim ini.

"Jadi posisi nya (IKAPAKARTI) lebih kepada menjaga harmoni dan memberikan spirit kepada siapa saja tokoh masyarakat yang kemudian maju di dalam Pilkada," sambungnya.

BACA JUGA : Istri Tersangka Pengoplos BBM di Balikpapan Menyangkal dan Tunjukkan CCTV Penangkapan

Disinggung terkait kesiapannya untuk maju dalam Pilkada 2024. Namun Rusmadi mengatakan bahwa terkait hal itu akan ada waktu yang tepat untuk menjawabnya.

Ia menyebutkan bahwa, saat ini Partainya (PDI-P) akan terus bekerja dan mengikuti dinamika politik yang ada, sambil menjaring figur-figur yang bakal maju dalam Pilkada.

"Itu nanti ada waktunya ya (terkait kesiapan maju dalam Pilkada), yang pasti partai terus bekerja dan suhu politik memang mulai terasa," ujar Rusmadi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota Samarinda.

Sebelumnya, tujuh Pilar Ormas di Kaltim mendeklarasikan dukungan kepada Rusmadi Wongso untuk maju dalam kontestasi Pilwali Samarinda 2024.

Tujuh Ormas tersebut yakni, Majelis Rakyat Kaltim Berdaulat (MRKB), Kerukunan Bubuhan Banjar Kaltim (KBBKT), Lembaga Budaya Adat Kutai (LABAK) Kaltim, Persekutuan Dayak Kaltim (PDKT), Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Kaltim, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kaltim, dan Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: