Tips Penting! Menyelamatkan Orang Tenggelam Tanpa Mengorbankan Diri Sendiri

Tips Penting! Menyelamatkan Orang Tenggelam Tanpa Mengorbankan Diri Sendiri

Penting diingat bahwa penyelamatan korban tenggelam dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan berenang.-(Ilustrasi/Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Setiap tahun, kita selalu mendengar kisah tragis tentang orang yang berani menyelamatkan orang lain dari insiden tenggelam, namun akhirnya mereka sendiri menjadi korban. 

Terbaru, kejadian memilukan seperti ini terjadi di Berau, Kalimantan Timur pada Jumat (10/5/2024). 

Nasib nahas dialami SR (18), di obyek wisata Telaga Biru Tulung Ni Lenggo, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.

SR dilaporkan berupaya menolong teman yang sempat tenggelam di danau tersebut, namun nahas justru dirinya juga tenggelam dan berakhir meninggal dunia.

BACA JUGA: Pengunjung Danau Telaga Biru Tewas Usai Berupaya Menyelamatkan Teman yang Tenggelam

Ini adalah tindakan kepahlawanan yang luar biasa, tetapi sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa menyelamatkan seseorang yang sedang tenggelam bisa sangat berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips penting dalam upaya penyelamatan orang tenggelam tanpa mengorbankan diri Anda sendiri.

 

1. Jangan Panik

Ketika Anda melihat seseorang tenggelam, reaksi alami Anda mungkin adalah panik. Namun, penting untuk tetap tenang. Panik hanya akan memperburuk situasi dan membuat sulit bagi Anda untuk berpikir dengan jernih. Tarik napas dalam-dalam dan fokus pada langkah-langkah berikutnya.

BACA JUGA: 7 Alasan Anak-anak Indonesia Perlu Belajar Berenang

2. Evaluasi Situasi dengan Cermat

Sebelum melakukan tindakan penyelamatan, penting untuk mengevaluasi situasi dengan cermat. Pertimbangkan apakah Anda memiliki keterampilan dan ketrampilan yang diperlukan untuk menyelamatkan orang tersebut tanpa membahayakan diri sendiri. Jika Anda merasa tidak yakin, segera minta bantuan dari orang lain atau panggil bantuan darurat.

3. Gunakan Alat Penyelamatan Jika Tersedia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: