Minta Akses Silon di KPU, Andi Harun dan Syaparudin Bakal Berpasangan di Pilwali Samarinda 2024

Minta Akses Silon di KPU, Andi Harun dan Syaparudin Bakal Berpasangan di Pilwali Samarinda 2024

Tim Pemenangan Andi Harun dan Syaparudin ketika mendatangi kantor KPU Samarinda, Rabu 8 Mei 2024.-ist-nomorsatukaltim.disway.id

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM- Walikota Samarinda Andi Harun rupanya bakal maju lagi pada Pilwali Samarinda tahun 2024 ini berpasangan dengan Syaparudin. Untuk diketahui, Syaparudin adalah ketua Tim Walikota untuk Akselerasi Pembangunan.

Keduanya juga dikabarkan bakal maju melalui jalur independen atau non partai politik.

Itu diketahui Rabu (8/5/2024), ketika tim pemenangan Andi Harun dan Syaparudin mendatangi kantor KPU Kota Samarinda yang beralamat di Jalan Juanda, Kecamatan Samarinda Ulu.

Komisioner KPU Samarinda, Arif Rakhman membenarkan terkait kedatangan tim Andi Harun dan Syaparudin di Kantor KPU Samarinda itu.

Baca Juga:

Berdasarkan Hasil Survei CSI, 80,92 Persen Masyarakat Kukar Puas dengan Kinerja Edi-Rendi

Kata Arif, Kedatangan mereka bertujuan untuk mengajukan permohonan pembukaan akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Bakalan Pasang Calon (Bacalon) Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda untuk Pilkada Serentak 2024.

"Iya betul, itu tadi dari tim bapak Andi Harun yang meminta permohonan pembukaan akses Silon di KPU," ungkap Arif saat dikonfirmasi terkait informasi kedatangan tim Andi Harun di Kantor KPU Samarinda.

KANTONGI 50 RIBU SURAT DUKUNGAN

Arif juga mengaku mendapat informasi bahwa tim pemenangan Andi Harun dan Syaparudin telah mengantongi sekitar 50 ribu surat dukungan dari masyarakat Samarinda.

Surat dukungan tersebut digunakan sebagai syarat untuk menempuh jalur independen sebagaimana yang ditetapkan oleh KPU.

Jika jumlah surat yang dikumpulkan itu benar maka, dipastikan telah melampaui target minimal sebanyak 45 ribu surat suara.

Baca Juga:

Cawali Balikpapan Mulai Bermunculan Jelang Pilkada Serentak 2024

"Informasinya yang masuk ke kita itu, pasangan tersebut sudah mengumpulkan syarat dukungan sebanyak 50 ribuan dari masyarakat," ungkap Arif.

Kemungkinan besar, kata dia, pasangan yang tertulis dalam permohonan pembukaan akses Silon adalah bakalan calon yang mengikuti kontestasi Pilkada Samarinda.

Kendati demikian, kata Arif, setiap paslon baik yang maju melalui jalur independen maupun lewat jalur partai harus bisa memenuhi dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga:

Surat Dukungan Isran-Hadi Maju Independen di Pilkada 2024 Lampaui Target

"Nanti tim dari KPU Samarinda yang memberikan akses ke palson, yang bisa diakses dari tanggal 8 hingga 12 Mei 2024," tuturnya.

Selanjutnya, KPU Samarinda melakukan verifikasi dukungan yang telah diserahkan pada 13 hingga 29 Mei 2024 mendatang.

"Kalau memang nantinya dalam proses rekapitulasi ada yang masih kurang, maka kami akan sampaikan ke tim paslon untuk dilengkapi," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: