Hetifah: Pelaku Pariwisata Paser Sudah Harus Naik Kelas

Hetifah: Pelaku Pariwisata Paser Sudah Harus Naik Kelas

Hetifah Sjaifudian.-awal/disway-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seharusnya menjadi peluang bagi industri pariwisata di Paser. Hal demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. 

Dia mengatakan untuk potensi pariwisata di Paser tak perlu diragukan lagi. Banyak destinasi pilihan menarik bagi yang hobi melancong. 

"Untuk pariwisata di Paser kalau kita tidak siapkan dari sekarang tak akan meraih manfaat yang maksimal," kata Hetifah, diwawancarai awak media ini saat lawatan ke Paser belum lama ini. 

BACA JUGA:Paser Jadi Tuan Rumah Latsitardanus Ke-44, Fahmi Fadli: Persiapan Sudah Matang

Dia mendorong pelaku industri pariwisata khususnya dalam hal pelayanan kepada wisatawan standarnya harus ditingkatkan. Sehingga desa-desa wisata maupun tempat destinasi liburan telah mempersiapkan mulai sekarang.

"Pelaku pariwisata sudah harus naik kelas. Desa-desa nanti saat menerima kunjungan wisatawan, standar pelayanannya bukan hanya cuma menarik, tapi juga harus mampu menarik lagi agar wisatawan betah dan kembali datang berulang kali," terangnya.

Sementara era digitalisasi, dituturkan Hetifah menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing pariwisata. Perkembangan teknologi dengan hadirnya berbagai platform digital dapat dimanfaatkan untuk promosi destinasi wisata, sehingga terus dilirik wisatawan.

BACA JUGA:Harga Beras Bulog di Kalimantan Naik, Bapanas Ungkap Penyebabnya

Kekurangan pelayanan bidang industri pariwisata maupun ekonomi kreatif dituturkan Hetifah masih jadi pekerjaan rumah. Dia bilang, meski pegiat pariwisata telah cukup berumur, namun tetap harus belajar memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menarik wisatawan.

"Seperti misalnya belajar desain komunikasi visual dan itu pentingnya digitalisasi. Dengan pemanfaatan teknologi yang cerdas, kita dapat menjangkau lebih banyak wisatawan potensial," pungkas Hetifah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: