Jerman dan Malaysia Tertarik Investasi Energi Hijau dan Air di IKN

 Jerman dan Malaysia Tertarik Investasi Energi Hijau dan Air di IKN

Proyek bendungan Sepaku-Semoi yang direncanakan bakal menyuplai kebutuhan air bersih penduduk IKN Nusantara.-(Foto/Dok. PUPR)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Perusahaan asal Jerman, Siemens sedang menjajaki rencana investasi  bidang energi hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN). Siemens juga ingin menjalin kerjasama dalam penyediaan kabel transmisi di IKN.

Ketertarikan ini diungkapkan saat Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman untuk Indonesia melakukan peninjauan wilayah Diplomatic Compound di IKN beberapa waktu lalu. 

"Perusahaan-perusahaan besar Jerman seperti Siemens dan Commerzbank beserta lembaga pembiayaan dari Jerman seperti KfW, GIZ, maupun kredit ekspor juga sangat tertarik dalam diskusi saat kunjungan," kata  Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono.

BACA JUGA: Jelang Latsitardanus XLIV/2024, Ribuan Taruna Nusantara Tiba di Balikpapan

Dalam kunjungan Kedubes Jerman ke IKN tersebut, perwakilan Siemens ikut serta dalam rombongan. 

Wakil Dubes Jerman untuk Indonesia, Thomas Graf mengatakan, komitmen ini bagian dari MoU pada Konferensi Hannover-Messe yang diteken 2023 lalu.

"Ini merupakan kedatangan perdana kami di Nusantara dengan beberapa delegasi perusahaan swasta dari Jerman. Mari kita bangun kerjasama investasi yang sesuai untuk kedua belah pihak dan terlebih kemajuan IKN," ucap Thomas.

BACA JUGA: Mitra IKN Nusantara, Pemkab Paser Audiensi dengan Bank Tanah

Thomas juga menyatakan bahwa Kedubes Jerman untuk Indonesia berencana memindahkan kantornya dari Jakarta ke IKN.

Selain Jerman, perusahaan asal Malaysia juga menyampaikan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Bahkan tiga perusahaan negeri Jiran telah melayangkan Letter of Intent (LoI) kepada Otorita IKN.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Seven Seasons Preservation Sdn Bhd, Citadel Group Sdn Bhd dan Ranhill Utilities Berhand.

BACA JUGA: Hak Atas Tanah Ancam Masyarakat Adat Sekitar IKN, Akademisi Desak Solusi Multi-Perspektif

Tiga perusahaan swasta ini bergerak di bidang yang berbeda. Seven Seasons Preservation Sdn Bhd merupakan perusahaan yang menjalankan bisnis energi berkelanjutan. Citadel Group adalah perusahaan pendanaan. Sedangkan Ranhill Utilities adalah perusahaan penyedia suplai air.

Berdasarkan data Otorita IKN, sejauh ini Malaysia tercatat sebagai negara terbanyak meyampaikan surat ketertarikan (LoI) investasi di IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: