PDIP Kaltim Terbuka untuk Calon Kepala Daerah dari Luar Kader

PDIP Kaltim Terbuka untuk Calon Kepala Daerah dari Luar Kader

Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis-(Ist./ Disway Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Timur (Kaltim) mulai melakukan penjaringan calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2024. 

Pendaftaran calon kepala daerah oleh PDIP Kaltim dibuka pada tanggal 1-15 April 2024.

Sekretaris DPD PDIP Kaltim, Ananda Emira Moeis mengatakan bahwa pendaftaran akan dibagi menjadi dua, yakni pendaftaran tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota.

BACA JUGA: Kasus Pertamax Palsu Mencuat, Polresta Samarinda Gelar Sidak SPBU

Menurutnya, selain mengakomodir kadernya sendiri, PDIP Kaltim juga membuka kesempatan bagi calon dari luar partai.

Para pendaftar yang ingin mencalonkan diri sebagai gubernur atau wakil gubernur dapat mengambil formulir pendaftaran di sekretariat DPD PDIP tingkat provinsi yang beralamat di Jalan Abdul Wahab Sjahranie, Kota Samarinda.

BACA JUGA: Panglima TNI Bentuk Tim Investigasi Usut Penyebab Ledakan di Gudmurah Ciangsana Bogor

"Sementara untuk calon di tingkat kabupaten/kota bisa mengambil di Sekretariat DPC PDIP di wilayahnya masing-masing. Kita buka mulai tanggal 1 sampai 15 April," kata Nanda sapaan akrabnya.

Calon pendaftar juga diingatkan untuk bisa melengkapi berkas persyaratan yang ditentukan. Kemudian yang paling penting juga adalah memiliki kesamaan visi dan misi dengan partai berlogo banteng moncong putih itu.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Harga Bapokting Jelang Idulfitri, Disperindagkop Kaltim Bakal Sidak Sejumlah Pasar

"Selain prioritaskan kader sendiri. Kami juga membuka peluang untuk calon eksternal. Syarat utamanya, punya kesamaan asas dan ideologi dengan PDIP," tegasnya.

Meski demikian, keputusan akhir calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP berada di tangan dewan pimpinan pusat (DPP). Tentunya dengan mempertimbangkan popularitas calon, hasil survei, dan faktor-faktor pendukung lainnya.

"Kita tentu berharap agar mudahan-mudahan ke depannya bisa bersinergi untuk pembangunan Kaltim," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: