Eks Bandara Temindung Bakal Disulap Menjadi Ruang Kreasi Pegiat Ekraf Kaltim

Eks Bandara Temindung Bakal Disulap Menjadi Ruang Kreasi Pegiat Ekraf Kaltim

Eks gedung Bandara Temindung Samarinda ini bakal direvitalisasi menjadi ruang kreasi pelaku ekraf oleh Dispar Kaltim.-(Ist./ Disway Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Eks gedung Bandara Temindung Samarinda bakal disulap menjadi pusat inovasi dan kreativitas bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) Kalimantan Timur (Kaltim).

Rencana ini diungkap oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi.

Menurut Ririn, penyediaan ruang kreasi merupakan langkah maju untuk para pelaku ekraf di Kaltim agar lebih  berkembang dan berinovasi. 

"Ini merupakan realisasi dari Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah Kaltim 2021-2025 dan Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2021," ujar Ririn, dilansir dari Antara, Minggu (17/3/2024).

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Pariwisata di IKN Sustainable, Tempat-Tempat di Kaltim Ini Dinilai Potensial Support

"Temindung Creative Hub Kalimantan Timur" (TCH KT) dipilih sebagai nama baru eks Bandara Temindung tersebut.

Tempat ini dirancang sebagai pusat kegiatan ekonomi kreatif, dengan fasilitas yang meliputi ruang pertemuan, ruang pertunjukan, studio musik dan studio audio visual.

Harapan Dispar Kaltim, kata Ririn, Temindung Kreatif Hub bakal menjadi wadah bagi 17 subsektor ekonomi kreatif untuk berproses, bekerja dan berkarya.

BACA JUGA: Siapa Calon Ketua DPRD Kaltim Nanti? Rudy Mas'ud: Tunggu Keputusan DPP Golkar

Ririn menyatakan, Dispar Kaltim berkomitmen memfasilitasi berbagai proses kreatif yang akan berlangsung di dalam dan luar gedung, dengan manajemen siklus kegiatan yang diatur oleh Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Komite Ekonomi Kreatif dan Tim Kurator.

Ia melanjutkan, Temindung Crative Hub Kaltim dijadwalkan resmi launching pada 1 Juni 2024 oleh Penjabat Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD Kaltim, Mitra Ekonomi Kreatif, serta pelaku ekonomi kreatif dari seluruh subsektor di Kaltim.

"Peresmian TCH KT tersebut diharapkan menjadi tonggak sejarah baru dalam pengembangan ekonomi kreatif di wilayah Kaltim," ujar Ririn.

BACA JUGA: Hari Pertama Dibuka, Wisata Belanja Ramadhan GOR Segiri Langsung Dipenuhi Pengunjung

Sejalan dengan rencana tersebut, Dispar Kaltim juga akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ekonomi Kreatif sesuai permintaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: