Donor Darah Sasar Masjid, PMI Balikpapan Target 50 Kantong per Hari

Donor Darah Sasar Masjid, PMI Balikpapan Target 50 Kantong per Hari

Jamaah Masjid Islamic Centre Balikpapan mengikuti kegiatan donor darah.-(Disway Kaltim/ Chandra)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Bulan Ramadan tak menyurutkan semangat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan dalam menjemput berkah dan membantu sesama. 

Kali ini, PMI menggandeng Masjid Balikpapan Islamic Center untuk menggelar kegiatan donor darah di sela-sela ibadah Ramadan.

BACA JUGA: BPBD Balikpapan Ingatkan Warga Untuk Waspada Terhadap Resiko Kebakaran Selama Ramadan

Damhuri, salah satu petugas PMI Balikpapan mengungkapkan bahwa antusiasme jemaah terlihat jelas dari antrean panjang yang mengular sejak sore hari. 

Tak ingin melewatkan kesempatan beramal, mereka dengan sabar menunggu giliran untuk mendaftar dan mendonorkan darahnya.

BACA JUGA: Tarawih Hari Pertama di Masjid Berusia 82 Tahun, Ada Campur Tangan Orang Jepang di Awal Berdiri

"Alhamdulillah, sambutan jemaah sangat positif. Terbukti dari banyaknya yang antusias mengikuti donor darah," ujar Damhuri, pada Selasa (12/3/2024) malam.

Kegiatan donor darah ini memang sengaja diadakan di masjid-masjid selama Ramadan. Mengingat di siang hari, saat banyak orang berpuasa, jumlah pendonor biasanya menurun.

"Target kami per hari minimal 50 kantong darah," terang Damhuri.

BACA JUGA: 2 Ribu Petugas Kesehatan Jalani Ramadan Tanpa Sahur dan Buka di Jalur Gaza

Bagi Nazaruddin (52), salah satu pendonor, kegiatan ini merupakan kesempatan ganda untuk beramal. Di satu sisi, ia ingin membantu orang lain yang membutuhkan darah, dan disisi lain ia juga menyehatkan tubuhnya.

"Donor darah di bulan Ramadan punya dua manfaat. Amal dan menyehatkan tubuh. Darah yang diambil akan diproduksi kembali, jadi tidak perlu khawatir," tuturnya.

Nazaruddin sendiri sudah rutin mendonorkan darahnya sejak lama. Ia tak pernah merasakan efek samping yang berarti setelah donor darah, bahkan ia merasa lebih sehat dan aktivitasnya berjalan lancar.

BACA JUGA: Geram! Harimau Terkam Warga, Massa Bakar Kantor Taman Nasional BBS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: