Pengelolaan Sampah Masih jadi Masalah yang Harus Dientaskan Pemkab Berau

Pengelolaan Sampah Masih jadi Masalah yang Harus Dientaskan Pemkab Berau

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Problematika sampah masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar di Kabupaten Berau.

Untuk itu, diperlukan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. Tanjung Redeb sebagai Ibukota Kabupaten Berau tidak luput dari permasalahan serius yang dihadapi, yaitu masalah sampah yang belum terselesaikan.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, selalu memberikan perhatian serius terhadap permasalahan ini.

Menurutnya, penanganan sampah merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan, terutama karena Kabupaten Berau memiliki potensi pariwisata, yang sangat disayangkan jika tercoreng oleh masalah kebersihan.

“Wilayah kita ini ada banyak lokasi wisatanya, yang dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun luar bahkan asing. Oleh karena itu, kebersihan merupakan hal yang menjadi penilaian penting bagi para pengunjung,” ungkapnya, Kamis (7/3/2024).

Salah satu masalah yang menjadi perhatian utama adalah tempat pembuangan sementara.

Di wilayah Kota Tanjung Redeb, sering kali ditemukan sampah-sampah yang berserakan di luar bak penampungan sampah.

Dirinya juga menyoroti kurangnya konsistensi dalam pengangkutan sampah. Ia sering kali menjumpai kasus-kasus dimana sampah dibiarkan menumpuk hingga meluap dan berserakan di sekitar tempat pembuangan.

“Sering sekali saya itu melihat bak penampungan sampah penuh saat malam hari, namun di pagi harinya masih belum ada tanda-tanda pengangkutan dilakukan,” ucapnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat juga harus ditingkatkan mengenai penanganan sampah ini.

Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa semua pihak, baik itu masyarakat maupun instansi terkait, perlu saling bekerja sama dengan aktif dalam menangani persoalan sampah ini.

“Hanya dengan kerja sama yang solid antara masyarakat dan instansi terkait, kita bisa mengatasi masalah ini dengan efektif,” ujarnya.

Namun yang paling penting dari semua ini adalah, menjaga Tanjung Redeb sebagai pintu gerbang selamat datang bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

"Tempat-tempat wisata kita harus selalu terjaga kebersihannya,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: