Mengenal Konsep 'Sharing Office' yang Akan Diterapkan ASN di IKN

Mengenal Konsep 'Sharing Office' yang Akan Diterapkan ASN di IKN

Maket kantor pekerja pemerintahan di IKN Nusantara.-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) akan bekerja secara sharing office.

Menurut Anas, konsep sharing office atau berbagi kantor diterapkan untuk penyelenggaraan pemerintahan yang optimal dan efektif di IKN Nusantara, dengan paradima kerja yang baru dan berbasis digital.

BACA JUGA: Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 74 Persen

Mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) itu mengatakan shared office adalah skema dimana dalam satu kantor ditempati bersama secara efektif untuk beberapa instansi atau individu.

Anas menjelaskan skema 'berbagi kantor' mengedepankan konektivitas antar kementerian/lembaga dalam bentuk konektivitas fisik (bangunan) dan konektivitas digital yang ditunjang dengan model smart office (perkantoran pintar).

BACA JUGA: Mengenal Komunitas Muda Mengajar, Berisi Anak Muda Rela Berbagi Ilmu secara Cuma-Cuma

"Konsep shared office itu dilakukan untuk mendukung transformasi perubahan cara kerja melalui flexible working arrangement dengan workspace yang informal dan berbasis digital," terang Anas.

Konsep ini, kata Anas, sudah diuji di Kementerian Kesehatan dan terbukti berjalan baik.

"Kami sudah cek beberapa konsep shared office seperti di Kementerian Kesehatan yang ternyata berjalan baik. Ini akan diterapkan di IKN," ujar Anas.

BACA JUGA: Presiden Tinjau Lapangan Upacara di IKN, Pastikan Kesiapan HUT Ke-79 RI

Saat ini, lanjut Anas, pihaknya bersama instansi terkait juga sedang mengebut skema tunjangan tersebut.

"Presiden Jokowi memberikan arahan agar skema tunjangan pionir untuk ASN yang pindah ke IKN segera didetailkan," imbuhnya.

Konsep shared office, juga dikenal sebagai coworking space, mengacu pada lingkungan kerja di mana individu atau instansi berbagi ruang kerja yang sama. 

BACA JUGA: Jokowi: Indonesia Jadi Negara Maju dalam Tiga Periode Kepemimpinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: