Wilayah Pesisir Berau Minim Penerangan Berpotensi Menimbulkan Bahaya bagi Pengendara

Wilayah Pesisir Berau Minim Penerangan Berpotensi Menimbulkan Bahaya bagi Pengendara

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Berau, Andi Marawangeng.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Masyarakat di wilayah pesisir Kabupaten Berau mengeluhkan minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kampung Talisayan menuju Kampung Bidukbiduk.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau, Andi Marawangeng mengatakan, pihaknya telah berencana akan membangun PJU bertenaga surya. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan anggaran senilai Rp 40 miliar untuk pemasangan PJU-TS di seluruh Berau.

“Rencana ini sesuai dengan keinginan warga pesisir yang sangat memerlukan penerangan jalan tersebut,” ujarnya, Kamis (29/2/2024).

Saat ini, pihaknya gencar melakukan verifikasi lapangan atau tinjauan langsung untuk memastikan setiap titik rawan yang diajukan atau diberi penilaian oleh tim. Dirinya menyebut, terdapat beberapa titik yang menjadi priortas pembangunan PJU, salah-satunya yaitu tikungan tajam yang berada di tengah hutan dan jalur yang sering digunakan masyarakat untuk beraktivitas.

Selain itu, untuk fasilitas umum maupun tempat ibadah tentunya akan masuk dalam daftar prioritas yang akan diberi PJU.

“Rata-rata dari setiap titik akan dipasangi PJU sebanyak 20 sampai 50 unit, tergantung dari jarak dan panjang titik rawan yang akan diterangi,” imbuhnya.

Dikatakannya, saat ini kebanyakan PJU yang terpasang merupakan lampu yang mengandalkan energi suplai dari PT PLN UP3 Berau.

“Kalau yang lama itu agak berat memang ongkosnya, karena harus bayar juga kebutuhan perawatan dan biaya beban daya,” ungkapnya.

Kendati demikian, selain penerangan jalan poros, pihaknya juga akan memprogramkan khusus penerangan jalan lingkungan.

“Tahun ini juga kami akan bagi ke PJU jalan lingkungan yang biasanya memiliki kepadatan jarak lebih dekat, mencapai 5 meter per titik tiang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: