Pemkab Berau Gelontorkan Rp 66 Miliar untuk Kembangkan Fasilitas Air Bersih di 16 Kampung

Pemkab Berau Gelontorkan Rp 66 Miliar untuk Kembangkan Fasilitas Air Bersih di 16 Kampung

Tandon besar milik PDAM Berau salah satu penyimpan sarana air bersih-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) akan menggelontorkan anggaran senilai Rp 66 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana (Sarpras) air bersih tahun 2024.

Rencananya, pembangunan sarpras air bersih ini akan menyasar di empat belas (14) kampung.

Kepala Bidang (Kabid) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan DPUPR Berau, Decty Toge menjelaskan, sebanyak 14 kampung yang akan menerima program pembangunan tersebut, diantaranya Kampung Long Ayan, Long Duhung, Long Keluh, Pegat Batumbuk, Bukit Makmur Biatan, Punan Mahakam, Muara Lesan, Tembudan, Batu Putih, Merasa, Mapulu, Pegat Bukur, Merapun, dan Long Laai.

"Tidak semua pembangunan sarpras air bersih itu merupakan pembangunan baru. Beberapa di antaranya juga merupakan pembangunan lanjutan dari tahun sebelumnya," Kata Decty Toge, Kamis (15/2/2024).

Saat ini pihaknya tengah melakukan proses lelang menuju pembangunan sarpras air bersih di kampung-kampung tersebut

"Untuk yang pembangunan baru kami bangun intake, pipa, dan SR-nya. Kami sudah percepat proses lelangnya, dan sementara masih berproses," ujarnya.

Dirinya pun berharap agar fasilitas air bersih yang akan dibangun, kedepannya dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah kampung dan masyarakat yang menerima manfaat pembangunan itu.

"Setelah dibangun oleh dinas, kampung yang akan mengelolanya. Kami berpesan agar dikelola dengan baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: